Wah! Renovasi Rujab Bupati Kotim Diduga Telan Dana Rp 40 Miliar

SAMPIT, Kaltengekspres.com – Renovasi Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), terus menuai sorotan sejumlah pihak. Pasalnya, renovasi ini menelan dana cukup besar, diduga hingga mencapai Rp 40 miliar. Ketua Komisi I DPRD Kotim Handoyo J Wibowo mengatakan, biaya renovasi Rujab Bupati Kotim ini menggunakan anggaran multiyears.

“Itukan melalui program yang sudah dianggarkan dan disiapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) melalui anggaran multiyears,”kata Handoyo, Minggu (8/10/2017).

Saat ini lanjut Handoyo, pekerjaan diperkirakan sudah mencapai 80 persen, untuk tahap pertama yang dikerjakan 24 jam secara bershif. Tidak hanya bangunannya, rujab tersebut juga membutuhkan fasilitas yang sesuai di dalamnya. Sehingga anggaran multiyears selama 3 tahun, dari tahun 2017 sampai tahun 2019 menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

 “Untuk anggaran tahap pertama tahun ini sebesar Rp 14 miliar, yang di anggarkan secara bertahap selama 3 tahun, nanti di anggarkan kembali bisa Rp 14 miliar atau Rp 15 miliar sampai dengan selesai. Keseluruhan anggaran mungkin bisa berkisaran Rp 40 miliar. Adapun fasilitas pendukung di dalamnya, semua komplit, seperti hotel lah. Paling tidak sebelum habis masa jabatan Bupati, Bupati masih bisa menikmatinya,”ungkap Handoyo.

Menurut Handoyo, pembangunan tersebut dilakukan karena Pemkab beralasan selama beberapa tahun ini tidak pernah direnovasi. Sementara rujab ini merupakan salah satu ikon kota.

“Rujab dengan biaya yang sebesar ini, jika selesai pastinya sangat megah di tambah dengan fasilitas yang mungkin luar biasa. Namun harus diimbangi dengan pelayanan yang baik. Jangan sampai nanti bangunan megah ini tertutup untuk masyarakat dan tidak bisa di gunakan dan di manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tandas Handoyo. (Arh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here