Home / Katingan

Minggu, 1 Oktober 2017 - 09:10 WIB

Waduh! Sampah di TPS Sudut Kota Kasongan Ini Kurang Terurus

KASONGAN, Kaltengekspres.com – Sejumlah tempat pembuangan sampah (TPS) sementara yang dibangun Dinas Lingkungan Hidup (DLH), di sudut Kota Kasongan tampak kurang terurus. Salah satunya adalah TPS di sekitar Pasar Hurung – Kasongan.
Nanda, salah seorang warga setempat mengatakan, sudah beberapa pekan ini sampah di TPS di lokasinya menumpuk lantaran belum diangkutan petugas terkait setiap harinya.

“Sampah yang dibuang di TPS ini, bukan hanya pedagang ikan dan sayur saja, tapi juga masyarakat di lingkungan sekitar pasar tersebut. Karena itu cepat penuh, ditambah lagi petugas terkait lambat mengangkutnya,” kata Nandi Minggu (1/10/2017).

Menurutnya, sudah lama ia ingin memberitahu kondisi TPS tersebut kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan. Namun ia bingung harus memberitahu ke dinas mana. Lantaran kurang memahami instansi terkait yang berwenang menangani dan mengangkut sampah-sampah tersebut sebelumnya.

“Saya baru tahu sekarang jika dinas yang menangani pengangkutan sampah-sampah di setiap TPS itu adalah wewenangnya dinas Perkim. Karena itu saya berharap kepada Dinas Perkim untuk melakukan pengangkutan rutin setiap hari. Jangan dibiarkan kondisi sampah menumpuk seperti itu,”ujarnya.

Lantaran jika tidak dilakukan pengangkutan setiap hari lanjut dia, warga setempat khawatir dari sampah-sampah tersebut akan menyebarkan beragam jenis penyakit, akibat bau busuk yang ditimbulkan dari sampah itu. (Ejk)

Share :

Baca Juga

Katingan

Tahun Ini, 190 Unit Rumah di Katingan Bakal Terima BSPS

Katingan

PLN Datangkan Mesin Pembangkit untuk Atasi Krisis Listrik di Pegatan

Katingan

Pjs Bupati Lepas 77 Kontingen Kafilah MTQ Katingan

Katingan

Endang Susilawatie Pimpin Kormi Katingan 

Katingan

APBD Perubahan 2022 Katingan Disepakati

Katingan

Ketua Kormi Apresiasi Dukungan Pemkab Katingan 

Katingan

Pemkab Dukung Kelompok Simpul Wisata Desa Karuing

Katingan

Layanan SIM Polres Katingan Tetap Lakukan Protokol Kesehatan