Waduh! Sampah di TPS Sudut Kota Kasongan Ini Kurang Terurus

KASONGAN, Kaltengekspres.com – Sejumlah tempat pembuangan sampah (TPS) sementara yang dibangun Dinas Lingkungan Hidup (DLH), di sudut Kota Kasongan tampak kurang terurus. Salah satunya adalah TPS di sekitar Pasar Hurung – Kasongan.

Nanda, salah seorang warga setempat mengatakan, sudah beberapa pekan ini sampah di TPS di lokasinya menumpuk lantaran belum diangkutan petugas terkait setiap harinya.

“Sampah yang dibuang di TPS ini, bukan hanya pedagang ikan dan sayur saja, tapi juga masyarakat di lingkungan sekitar pasar tersebut. Karena itu cepat penuh, ditambah lagi petugas terkait lambat mengangkutnya,” kata Nandi Minggu (1/10/2017).

Menurutnya, sudah lama ia ingin memberitahu kondisi TPS tersebut kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan. Namun ia bingung harus memberitahu ke dinas mana. Lantaran kurang memahami instansi terkait yang berwenang menangani dan mengangkut sampah-sampah tersebut sebelumnya.

“Saya baru tahu sekarang jika dinas yang menangani pengangkutan sampah-sampah di setiap TPS itu adalah wewenangnya dinas Perkim. Karena itu saya berharap kepada Dinas Perkim untuk melakukan pengangkutan rutin setiap hari. Jangan dibiarkan kondisi sampah menumpuk seperti itu,”ujarnya.

Lantaran jika tidak dilakukan pengangkutan setiap hari lanjut dia, warga setempat khawatir dari sampah-sampah tersebut akan menyebarkan beragam jenis penyakit, akibat bau busuk yang ditimbulkan dari sampah itu. (Ejk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here