Lima Komplotan Pencuri Sarang Burung Walet Diringkus Polisi

SAMPIT, Kaltengekspres.com – Anggota Polisi Sektor (Polsek) Parenggean bersama Resmob Polres Kotim, berhasil meringkus lima orang pelaku pencurian sarang burung walet.

Kelima pelaku bernama M Iskandar Syah (25), Jumari (32), Muhammad Nur (23), Hengki Dianto (28) , dan Fendi alias Rahmad (25) ini diringkus dirumahnya masing-masing, yang berada di Kecamatan Parenggean dan Baamang, pada Selasa (3/10/2017).

Kapolsek Parenggean Iptu Triyono Raharja ketika dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan tersebut.  Menurut dia, kelima pelaku ini sudah sering beraksi menjadi spesialis pencuri sarang buring walet.

Aksi kawanan pelaku ini, terendus salah satu warga yang tinggal di Jalan Poros Parenggean, Desa Bejarau, Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Pasalnya, sarang walet milik warga ini juga di bobol kawanan pencuri. Sehingga ia melaporkan kejadian ke Polsek Parenggean. Mendapati laporan tersebut anggotanya langsung melakukan penyelidikan dan mengetahui kabar diantara pelaku ini ada yang kenal.

“Kami langsung melakukan pengejaran dan mendapatkan dua orang pelaku yang sudah diketahui ciri-cirinya. Kedua pelaku bernama Jumari dan M Nur ini mengakui perbuatannya dan langsung dibawa untuk mencari rekan-rekannya,”ujar Kapolsek Rabu (4/10/2017).

Dari nyanyian kedua pelaku inilah lanjut Kapolsek, akhirnya polisi berhasil membekuk kelimanya di lokasi berbeda. Para pelaku juga mengakui bahwa aksinya sudah cukup lama direncanakan. Kemudian tidak menyangka bisa berhasil diungkap.

“Dari aksi pencurian ini para pelaku berhasil menggondol beberapa barang yang ada didalam bangunan sarang burung walet. Akibatnya korban mengalami kerugian mencapai Rp5 juta,”ungkap Triyono Raharja.

Akibat perbuatannya ini, kelima pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here