Home / Kotim

Jumat, 29 September 2017 - 19:25 WIB

Permintaan Aparatur Sebelas Desa Ini Ditolak Disdukcapil Kotim

SAMPIT, Kaltengekspres.com – Puluhan perwakilan aparatur desa setingkat Sekretaris Desa (Sekdes) dan staf dari sebelas desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Jumat (29/9/2017), mendatangi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotim.
Kedatangan aparatur desa ini ingin meminta data kependudukan desa. Namun permintaan ini diduga di tolak oleh dinas setempat. Sehingga membuat puluhan aparatur tersebut pulang dengan kecewa.

Salah seorang aparatur Desa Tinduk Arianto mengatakan, aparatur sebelas desa yang mendatangi kantor setempat berasal dari Desa Samuda Besar, Tiduk, Handil Sohor, Sei Ijum, Tangkarobah, Pahirangan, Kelurahan Baamang, Jaya Kelapa, Luwuk Sampun, Jati Waringin, dan Desa Pemantang. Saat ingin diminta datanya, pihak Disdukcapil setempat tidak bersedia memberikan data kependudukan dengan alasan bahwa nomer NIK berbentuk rahasia.

“Kami di larang atau tidak diperbolehkan untuk meminta data tersebut karena sifatnya rahasia,” kata Arianto, Jum’at (29/9/2017).

Baca Juga :  Bawa Ratusan Butir Zenith, Pengedar Pesisir Ini Diringkus Polisi
Arianto juga menyesali bahwa Disdukcapil tidak transparan dalam data kependudukan desa mereka, padahal data ini sangat penting untuk masyarakat desa.

“Kami sudah menghadap Kepala Bidang Disdukcapil juga, namun sepertinya tidak ada respon bahkan ke transparansian atas memberikan data kependudukan desa,”terangnya.

Sebelumnya Arianto dan beberapa aparatur Desa sudah menghadap Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotim, agar pokok permasalah tersebut bisa secepatnya teratasi. Namun sampai saat ini Kepala Disdukcapil tidak bisa di temui.

“Pak Halikinoor selaku Sekda Kotim sudah kita jumpai, beliau memberikan suport positif atau mempersilahkan atas permintaan data di Disdukcapil tersebut,”urainya.

Arianto juga berharap, agar Disduk Capil memberikan respon terhadap permintaaan data kependudukan supaya secara data lebih akurat dan jelas antara administrasi kependudukan desa dan Disduk Capil.

“Kepala Dinas harus memberikan penjelasan yang jelas terhadap penolakan atas permintaan kami yang telah di ajukan berapa bulan yang lalu dan sampai sekarang tidak ada tanggapan sama sekali,”pungkasnya. (MR)

Share :

Baca Juga

Kotim

Ayo! Sudah Tiga Desa di Kotim Diproses Penegak Hukum

Kotim

Lagi, Dua Budak Sabu Baamang Diringkus Polisi

Kotim

Nelayan Setiruk Ditemukan Tewas di Kelotok

Kotim

Indahnya Kebersamaan Warga dan Satgas TMMD

Kotim

Dipicu Cemburu, Istri Tikam Suaminya Hingga Tewas

Kotim

Duh! Buaya Sering Mengintai, Warga Belanti Mulai Cemas

Kotim

Bersama TNI dan Masyarakat Dalam Memajukan Masyarakat Pulau Hanaut

Kotim

Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1015 Sampit Bagikan Nutrisi dan Susu untuk Balita 
error: Content is protected !!