Miris!! Wanita Pasungan di Kumai Ini Belum Ditangani Pemkab Kobar

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com – Nasib malang dialami Siti Muslimah. Warga Dusun Sungai Sintuk Desa Sungai Kapitan Kecamatan Kumai ini, dipasung keluarganya disebuah gubuk yang berada tidak jauh dari pemukiman warga sekitar, karena mengalami gangguan jiwa. Pemasungan ini terpaksa dilakukan keluarganya, karena prilaku Siti Muslimah sering membuat resah warga sekitar. 

Sayangnya, nasib malang yang dialami wanita paruh baya ini belum juga mendapat sentuhan penanganan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar). Padahal wanita ini sudah sangat lama menderita gangguan jiwa dan terpaksa harus dipasung.

Salah seorang warga Desa Sungai Kapitan Majri mengatakan, kondisi yang dialami Siti Muslimah itu sudah pernah dilaporkan masyarakat setempat ke Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kobar. Namun hingga kini dinas terkait tersebut belum juga menanganinya. Karena beralasan belum memiliki dana untuk biaya pengobatannya, ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Banjarmasin.

 “Untuk itu lah sampai saat ini korban masih berada di lokasinya dipasung dan belum juga diobati. Padahal keluarga dan masyarakat sangat berharap sekali agar Siti Muslimah ini segera ditangani seperti warga yang dipasung di Pangkalan Bun lalu.Namun karena dinas terakait beralasan begitu terpaksa saat ini yang bersangkutan masih berada dipasungannya,”ujarnya saat memberikan keterangan Rabu (30/8). (hm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here