Home / Pemprov Kalteng

Jumat, 27 Oktober 2023 - 11:25 WIB

Pemprov Kalteng Sosialisasi Pedoman Penyusunan APBD 2024

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat membuka kegiatan sosialisasi di Hotel Aquarius Palangka Raya, Jumat (27/10). (Foto : asro)

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat membuka kegiatan sosialisasi di Hotel Aquarius Palangka Raya, Jumat (27/10). (Foto : asro)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo membuka Sosialisasi Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2024, di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Jumat (27/10/2023).

Edy mengatakan, kegiatan sosialiasi ini diharapkan bisa meningkatkan kerjasama, dan membangun komitmen bersama untuk melakukan yang terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah, yang diawali dengan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam rangka mewujudkan Kalteng Makin Berkah.

“Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2024 kebijakan anggaran belanja Provinsi Kalimantan Tengah mengacu pada Mandatory Spending yang telah diatur oleh Undang-Undang RI, bertujuan untuk mengurangi masalah ketimpangan sosial dan ekonomi daerah,”kata Edy saat menyampaikan sambutannya.

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Salurkan BLT dan KPM Sukamara

Selain itu, lanjut dia, kebijakan anggaran belanja melalui pendekatan Money Follow Program, dimana anggaran dialokasikan untuk kebutuhan prioritas bersama yang terkait langsung dengan prioritas nasional, serta memberi dampak langsung bagi masyarakat.

Pada kesempatan ini ia mengharapkan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota bersinergi dalam mendukung tercapainya prioritas pembangunan daerah maupun nasional sesuai dengan potensi dan kondisi masing-masing daerah.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saat ini dalam tahapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2025-2045, untuk itu diharapkan keaktifan dan keikutsertaan seluruh stakeholder dalam mendukung pelaksanaan tahapan penyusunan RPJPD Kalimantan Tengah sebagai salah satu komponen penting dalam mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2024,”ujarnya.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Bekali Pelatihan Kapasitas Pejabat PTP

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kalteng Syahfiri dalam laporannya mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk mewujudkan kesamaan pemahaman dalam perencanaan penganggaran, dan sinkronisasi pencapaian sasaran program Daerah dalam APBD dengan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.  (asro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Perjalanan Domestik Tak Perlu PCR dan Antigen

Pemprov Kalteng

Perlu Komitmen Bersama Tanggulangi Kemiskinan

Pemprov Kalteng

176 ASN Pemprov Kalteng Ikuti Pelatihan PKA

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Lantik Komisaris Utama Bank Kalteng

Pemprov Kalteng

Tumbuhkan Kecintaan Al Quran melalui MTQ 

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Rakor Persiapan MTQ KORPRI Nasional

Pemprov Kalteng

Sekda Sebut Bencana Kabut Asap 2015 Harus Jadi Pelajaran

Pemprov Kalteng

Sugianto Apresiasi Kesigapan Sukamara Tangani Korban Banjir