Home / Kobar

Kamis, 3 Maret 2022 - 16:21 WIB

Orangutan Jantan Mengamuk Saat Dilepasliar

Petugas saat memgevakuasi orangutan.

Petugas saat memgevakuasi orangutan.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Orangutan jantan berbobot 84 kilogram (kg) mengamuk dalam kandang saat akan dilepasliarkan petugas Wildlife Rescue Unit (WRU) BKSDA Kalteng Seksi Konservasi Wilayah (SKW) 2 Pangkalan Bun bersama Orangutan Foundation International (OFI) Kotawaringin Barat (Kobar).

Koordinator Rescue BKSDA Kalteng SKW II Kobar, Muda Yulivan mengatakan, Sobirin dilaporkan ke WRU BKSDA Kalteng SKW 2 Pangkalan Bun oleh warga, karena masuk dan mengambil buah nanas di kebun warga KM 15 Kelurahan Mendawai Kecamatan Arut Selatan.

“Untuk menijakannya kita terpaksa membius menggunakan sumpitan sebanyak 3 kali. Setelah orangutan tertidur  dilakukan pengecekan kesehatan, kemudian dilakukan tes antigen dengan hasil negatif orangutan dinyatakan sehat dan siap untuk dilepasliarkan,”ungkapnya.

Baca Juga :  Korsleting Listrik, Rumah dan Dua Kendaraan Terbakar

Orangutan ini di duga mencari makan ke perkebunan warga akibat habitatnya telah rusak. Dengan menggunakan klotok menyebrangi Sungai Lamandau dan menyusuri Sungai kecil Kotawaringin Lama, sabirin dilepasliarkan ke habitat aslinya di Suaka Margasatwa Lamandau.

Baca Juga :  Dua Pembobol Toko Ponsel Diringkus Polisi 

Petugas melepasliarkan di Suaka Margasatwa Lamandau karena masih banyak persediaan pakan orangutan, dan dapat berbaur dengan Orangutan lainnya. (yr)

Share :

Baca Juga

Kobar

Puluhan Warga Binaan dan Petugas Lapas Pangkalan Bun Dites Urine

Kobar

Satlantas Polres Kobar Tangkap Pelaku Balap Liar 

Kobar

Oleng, Pikap Hantam Rush

Kobar

Tak Capai Target, Jukir Kerap Diancam Pecat 

Kobar

Lapas Pangkalan Bun Razia Blok Kamar Lapas

Kobar

Setubuhi Anak Temanya, Pria Bejat Diringkus Polisi 

Kobar

Pria Bertato Diringkus Polisi Saat Bertransaksi Sabu

Kobar

Tuntas Baca Iqro dan Alquran, Ratusan Napi Diwisuda