Home / DPRD Kotim

Rabu, 2 Februari 2022 - 16:43 WIB

Dewan Ingatkan Pemkab Kotim Bahaya Karhutla

Anggota DPRD Kotim Dadang.

Anggota DPRD Kotim Dadang.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Dadang Siswanto meminta pemerintah daerah meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Kotim.

“Sejak dulu karhutla itu ‘by design’ (dengan desain), karenanya karhutla perlu dicegah, dengan padamkan dan proses hukum pelakunya,” kata Dadang Selasa (2/2/2022).

Menurut Dadang, mulai maraknya kebakaran lahan di Sampit seperti yang terjadi disejumlah titik diantaranya di Jalan Pelita Barat dan MT Haryono Barat serta Jalan Bumi Raya menunjukan intensitas karhutla mulai marak.

Baca Juga :  DPRD Kotim RDP Bahas Pemberian Izin Ritel Modern

Karena itu, ancaman rutin yang rawan terjadi setiap tiba musim kemarau harus segera diantisipasi. Sehingga saat terjadi tidak merebak seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk itu, seharusnya sudah ada desain atau skema jelas pencegahan dan penanganan ancaman bencana tahunan ini. Selain itu, penanganannya dari tahun ke tahun seharusnya semakin baik, diwujudkan dengan kemampuan mencegah dan menekan potensi karhutla hingga sekecil mungkin,”ujar Dadang.

Langkah pencegahan ini lanjut dia, dinilai jauh lebih penting untuk dilakukan. Selain lebih mudah dan murah, pencegahan juga memungkinkan disertai upaya-upaya berdampak pada ekonomi masyarakat, seperti pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan lahan telantar dan merawatnya sehingga tidak sampai terbakar atau dibakar.

Baca Juga :  Legislator Kotim Soroti Maraknya Peredaran Rokok Ilegal

Secara khusus Dadang menyarankan pemerintah daerah memaksimalkan upaya-upaya pencegahan. Tujuannya agar pencegahan bisa dilakukan dengan baik dan berhasil sesuai harapan.

Sarana dan prasarana pemadaman kebakaran harus dilengkapi, seperti memperluas sebaran sumur bor atau embung air, terutama di wilayah yang berpotensi besar terjadi kebakaran lahan. (Ry)

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

Pembuang Limbah Sembarangan Bisa Dikenakan Sanksi

DPRD Kotim

Dukung Bundaran Perempatan Tjilik Riwut-Tidar Dibongkar

DPRD Kotim

Dewan Minta Bangunan RPH Dibenahi

DPRD Kotim

Pemkab Diminta Tak Keluarkan Rekom HGU PBS NakalĀ 

DPRD Kotim

DPRD Katingan Belajar Produk Hukum ke DPRD Kotim

DPRD Kotim

Perusahaan Angkutan Dinilai Kurang Peduli Perbaiki Jalan

DPRD Kotim

Kebijakan Keolahragaan Perlu Disinergikan

DPRD Kotim

Dewan Dukung Penertiban Galian C Ilegal