Home / DPRD Kotim

Rabu, 2 Februari 2022 - 16:43 WIB

Dewan Ingatkan Pemkab Kotim Bahaya Karhutla

Anggota DPRD Kotim Dadang.

Anggota DPRD Kotim Dadang.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Dadang Siswanto meminta pemerintah daerah meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Kotim.

“Sejak dulu karhutla itu ‘by design’ (dengan desain), karenanya karhutla perlu dicegah, dengan padamkan dan proses hukum pelakunya,” kata Dadang Selasa (2/2/2022).

Menurut Dadang, mulai maraknya kebakaran lahan di Sampit seperti yang terjadi disejumlah titik diantaranya di Jalan Pelita Barat dan MT Haryono Barat serta Jalan Bumi Raya menunjukan intensitas karhutla mulai marak.

Baca Juga :  Warga Keluhkan Kerusakan Parah Ruas Jalan Tinduk

Karena itu, ancaman rutin yang rawan terjadi setiap tiba musim kemarau harus segera diantisipasi. Sehingga saat terjadi tidak merebak seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk itu, seharusnya sudah ada desain atau skema jelas pencegahan dan penanganan ancaman bencana tahunan ini. Selain itu, penanganannya dari tahun ke tahun seharusnya semakin baik, diwujudkan dengan kemampuan mencegah dan menekan potensi karhutla hingga sekecil mungkin,”ujar Dadang.

Langkah pencegahan ini lanjut dia, dinilai jauh lebih penting untuk dilakukan. Selain lebih mudah dan murah, pencegahan juga memungkinkan disertai upaya-upaya berdampak pada ekonomi masyarakat, seperti pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan lahan telantar dan merawatnya sehingga tidak sampai terbakar atau dibakar.

Baca Juga :  Dewan Sayangkan Pelayaran DLU Stop Beroperasi

Secara khusus Dadang menyarankan pemerintah daerah memaksimalkan upaya-upaya pencegahan. Tujuannya agar pencegahan bisa dilakukan dengan baik dan berhasil sesuai harapan.

Sarana dan prasarana pemadaman kebakaran harus dilengkapi, seperti memperluas sebaran sumur bor atau embung air, terutama di wilayah yang berpotensi besar terjadi kebakaran lahan. (Ry)

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

Dewan Dorong SOPD Mulai Lakukan Lelang Proyek

DPRD Kotim

Dewan Dorong Peningkatan Infrastruktur Pertanian

DPRD Kotim

Tes Urin Pelajar Diharapkan Jadi Program Reguler

DPRD Kotim

Perda Bantuan Pendidikan Solusi Tingkatkan SDM Warga Kurang Mampu

DPRD Kotim

Genjot Sektor Pajak di Wisata Ujung Pandaran

DPRD Kotim

Dinas PUPR Kotim Disarankan Melakukan Inovasi Program

DPRD Kotim

Dewan Desak BPN Kotim Keluarkan SHM Warga 3 Desa

DPRD Kotim

Pelaku Balapan Liar Harus Ditindak Tegas