Home / Katingan / Pemkab Katingan

Jumat, 23 Juli 2021 - 13:21 WIB

Katingan Mulai Kekosongan Oksigen

Kadinkes Katingan dr. Robertus Pamuryanto.

Kadinkes Katingan dr. Robertus Pamuryanto.

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Ketersediaan oksigen di Kabupaten Katingan saat ini mulai langka. Bahkan di sejumlah puskesmas ketersediaannya sudah kosong.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan dr. Robertus Pamuryanto, mengakui kekosongan oksigen tersebut. Menurut dia, tidak hanya di RSUD Mas Amsyar Kasongan, di puskesmas juga saat ini sudah kosong,

Kekosongan ini dikarenakan kebutuhan terhadap oksigen meningkat dibandingkan biasanya. Lantaran untuk penanganan pasien positif covid-19.

“Kebutuhan terhadap oksigen saat ini sangatlah luar biasa karena untuk menangani pasien yang terkonfirmasi covid-19, pasien pasti akan mengalami sesak nafas sehingga harus diberikan oksigen,”ungkap Robertus Pamuryanto.

Ia menjelaskan, bahwa beberapa hari yang lalu pihaknya telah melakukan pemesanan ke Kota Palangka Raya namun tidak tersedia sehingga harus memesan dari daerah lain.

Baca Juga :  Disporbudpar Katingan Berdayakan Desa Wisata 

“Kemarin kita sudah coba mencari ke Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, siapa tau disana ada kelebihan oksigen ini, saat ini kita masih usahakan,”ujarnya.

Kendati demikian ia lanjut dia, dalam waktu dekat RSUD Mas Amsyar akan kedatangan sebanyak 50 tabung oksigen. Kebutuhan akan oksigen ini sangat tinggi, apalagi kebanyakan pasien yang terkonfirmasi covid -19 mengalami sesak pernafasan atau mengalami gangguan pernafasan.

Baca Juga :  Kemah Porjusami Kwarran Katingan Hilir Resmi Dibuka

Kedatangan 50 tabung oksigen tersebut tidak bisa ditentukan berapa lama jangka waktu pemakaiannya, hal ini dikarenakan semuanya bergantung dengan pasien.

“Jika pasiennya membludak tentunya penggunaan oksigen akan semakin tinggi, apalagi jika pasien-pasien tersebut mengalami gangguan pernafasan,”tandasnya. (MI)

Share :

Baca Juga

Pemkab Katingan

Sekda Sebut Menjaga Toleransi Tanggungjawab Bersama

Pemkab Katingan

Sunardi Buka Musyawarah Lokal Orari, Ini Harapannya

Pemkab Katingan

LPTQ Gelar STQ Terbatas Tingkat Katingan Hilir

Katingan

Hasil Reses Tidak Pernah Direspon

Katingan

Pemkab Harus Pro Aktif Jalin Kerjasama dengan Telkom

Katingan

Tragis…Tiga Penambang Emas Tewas Tertimbun Tanah Galian

Katingan

Masuk Komplek Perumahan HJP1 Wajib Cek Suhu Tubuh

Katingan

Tim PPKM Berikan Bantuan Sembako Warga Isoman