Home / Pemkab Pulang Pisau

Selasa, 16 Februari 2021 - 16:42 WIB

Lahan Tidur Jangan Dibiarkan

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo.

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo.

PULANG PISAU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) terus melakukan upaya agar perekonomian masyarakat terus membaik. Salah satunya melalui kolaborasi antara Hutan Tanaman Rakyat (HTR) dan industri pengolahan kayu terpadu.

Bupati Pulpis, H Edy Pratowo mengatakan, dalam konsep kolaborasi antara HTR dan industri pengolahan kayu terpadu ini, masyarakat yang memiliki lahan diberikan kesempatan untuk menanam yaitu kayu sengon. Baik melalui perorangan, koperasi maupun kelompok tani.

“Pabriknya sudah dibangun di Pulpis dan sekarang masih tahap penyelesaian. Kayu sengon tanaman masyarakat itu nantinya akan dijual di pabrik itu,” kata Edy, Selasa, 16 Febuari 2021.

Baca Juga :  Bupati Pulang Pisau Bantu Nelayan Jabiren Raya

Orang nomor satu di Pemkab Pulpis ini menambahkan, selama ini konsepnya masyarakat cuma disuruh menanam saja. Tetapi, bingung kemana harus dipasarkan hasil dari tanaman tersebut.

“Daerah kita sudah melakukan penjajakan dengan industri pengolahan kayu. Jadi ini kesempatan masyarakat,” ujar dia.

Edy mengungkapkan, kolaborasi antara HTR dan industri pengolahan kayu terpadu ini juga untuk memanfaatkan lahan-lahan masyarakat yang pada musim kemarau selalu terbakar. Maka, dengan ditanami sengon itu lahan tersebut bisa berfungsi.

“Masyarakat bisa menjaga, merawat dan memelihara lahan itu. Dari pada tidak difungsikan lebih baik ditanami sengon. Jadi hasilnya bisa dipanen satu, dua atau tiga tahun dan bisa untuk membantu perekonomian masyarakat yang bersangkutan,” ungkap Edy.

Baca Juga :  Pj Sekda Harapkan Keunikan Desa Diekspos

Bupati menjelaskan, konsep kolaborasi ini juga sekaligus untuk mengembalikan dan menjaga kelestarian hutan. Karena, tidak sedikit lahan yang menjadi gundul akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Secara tidak langsung lahan yang dulunya sering terbakar dirawat oleh masyarakat. Kalau yang sudah menanam karet silahkan jalan saja. Karena yang menampungnya juga ada,” tandasnya. (dar)

Share :

Baca Juga

Pemkab Pulang Pisau

Dinkes Targetkan 2024 Miliki Rumah Sakit Predikat Layanan Pratama

Pemkab Pulang Pisau

Bupati Pulang Pisau Serahkan 137 SK CPNS 

Pemkab Pulang Pisau

Pemkab Pulpis Bakal Buka Penerimaan CPNS dan P3K

Pemkab Pulang Pisau

Bupati Lepas Keberangkatan 58 JCH Pulang Pisau

Pemkab Pulang Pisau

Bupati Sambut Kunjungan Manajer PLN ULP Pulang Pisau

Pemkab Pulang Pisau

Permohonan Pindah Tugas Harus Sesuai Aturan

Pemkab Pulang Pisau

DLH Pulang Pisau Bahas Penataan Sampah 

Pemkab Pulang Pisau

Tegur Angkutan Jika Melebihi Tonase