Home / Kobar

Selasa, 18 Agustus 2020 - 12:15 WIB

Kobar Gagas Pembentukan Masyarakat Peduli Api

Bupati Kobar Hj Nuridayah didampingi unsur FKPD saat memberikan keterangan kepada awak media, seusai rakor penanggulangan karhutla Selasa (18/8).

Bupati Kobar Hj Nuridayah didampingi unsur FKPD saat memberikan keterangan kepada awak media, seusai rakor penanggulangan karhutla Selasa (18/8).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj. Nurhidayah mengagas di bentuknya masyarakat peduli api. Pasalnya, per tanggal 7 Agustus 2020 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah menyepakati Perda tentang pengendalian kebakaran lahan yang membolehkan untuk membakar bagi masyarakat peladang.

“Untuk itu harus ada aspek pengendalian dari kita semua, terutama dari kejaksaan dan polres. Kemudian cara pengendaliannya itu seperti apa, perlu kita komunikasi dengan pemerintah provinsi, karena peraturan daerah sudah ditetapkan,”ungkap Bupati Kobar Nurhidayah.

Baca Juga :  Ini Diduga Penyebab Kebakaran Rumah Warga Madurejo

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 1014 Pangkalan Bun Letkol ARH Drajad Tri Putro mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukuk program yang digagas Pemkab Kobar. Karena itu, pihaknya siap turut serta terlibat dalam melakukan penanggulangan karhutla di Kobar.

“Hanya saja kami sarankan kepada Pemkab Kobar agar segera membentuk posko gabungan yang sudah dicanangkan sampai ke tingkat desa, untuk solusi agar mempercepat upaya penanggulangan di lapangan,”paparnya.

Baca Juga :  Gudang Pupuk di Kumai Terbakar

Sedangkan Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Tengku Ali Syahbana mengatakan, bahwa pihaknya selalu melakukan pemantauan dititik-titik yang berpotensi terjadinya kebakaran. Karena untuk di Kobar ini kata dia, ada 3 kecamatan yang rawan terjadi karhutlah yakni, Kecamatan Kolam, Arsel dan Kumai. (wir)

Share :

Baca Juga

Kobar

Berkas P21, Tersangka Baru Korupsi PD Agrotama Mandiri Bakal Ditahan

Kobar

Kobar Tetapkan Status Siaga Karhutla

Kobar

Wanita Berusia 23 Tahun Diciduk Polisi Saat Hendak Bertransaksi Sabu

Kobar

Antisipasi Virus Corona Sebanyak 33 Napi Jalani Asimilasi di Rumah

Kobar

Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga di Kobar Terbakar Ditengah Guyuran Hujan

Kobar

Bupati Tinjau Progres Pembangunan Dua Pasar

Kobar

Peringati Hari Raya Nyepi, Ini Pesan Bupati..!!

Kobar

Dua Warung Makan dan Toko Obat Kuat Diamuk Jago Merah
error: Content is protected !!