Home / Pemkab Katingan

Rabu, 29 Juli 2020 - 16:01 WIB

Selama Kemarau, Kalaksa BPBD Himbau Masyarakat Tak Bakar Lahan

Eka Suryadilaga

Eka Suryadilaga

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Menyikapi situasi dan kondisi alam saat ini, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga menghimbau agar masyarakat Katingan tetap waspada dalam beraktifitas terutama yang tinggal di bantaran Sungai Katingan karena debit air sewaktu-waktu dapat naik.

“Karena saat ini dibeberapa daerah di Katingan curah hujan masih cukup tinggi,” kata Eka.

Menurutnya, apabila terjadi kemarau panjang maka jangalah masyarakat berlomba-lomba melakukan pembakaran hutan dan lahan (Karhutla). Untuk itu apabila masyarakat membuka lahan diupayakan dengan tanpa membakar.

“Apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, dan menyebabkan kabut asap, maka kondisi pandemik covid-19 ini akan lebih berbahaya lagi,” sebutnya.

Baca Juga :  Pemkab Katingan Audit Kasus Stunting

Karena, sudah sakit paru, dihantam oleh virus maka akan mangkin menjadi, sehingga untuk penyakit inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA) jangan terjadi di tengah kondisi covid-19 ini, sangat berbahaya bagi pasien yang awalnya ODP, OOTG tiba bisa positif karena diperparah oleh kabut asap itu tadi.

“Diharapkan untuk masyarakat kesadarannya untuk tak bakar lahan, serta terus memperhatikan protokol kesehatan, jaga jarak, cuci tangan dan gunakan masker, karena covid ini belum tahu selesaikanya kapan,” tutur Eka.

Dijelaskan, upaya yang dilakukan oleh pihak BPBD Katingan saat ini, akan melakukan sosialisasi dan pelatihan bagi satgas bencanaan ditingkat kecamatan dan desa, saat ini sedang disusun jadwalnya.

Baca Juga :  Wakil Bupati Katingan Hadiri Kemah ELY Ujung Pandaran

“Diharapkan awal bulan Agustus sudah dilaksanakan perzona per kecamatan sebanya 40 orang dibagi dua sesi 20 orang praktek dan 20 orang teori,” ujarnya.

Disampaikannya pula orang orang yang ikut pelatihan yakni yang telah masuk dalam satgas desa itu sendiri diutamakan dan pelatihan itu nantinya tak jauh dari bagaimana menangani karhutla dan jangan sampai terjadi karhutla.

“Hal ini juga merupakan kegiatan pra antisipasi terjadinya Karhutla, apabila terjadi musim kemarau,” timpalnya.(MI)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

Katingan

Pengurus Batamad Katingan 2020-2025 Dikukuhkan

Pemkab Katingan

Pemkab Katingan Bakal Bangun Tahura

Pemkab Katingan

Pemkab Katingan Gelar Diskusi Sinergitas dengan Ormas

Pemkab Katingan

DLH Lakukan Penilaian Dokumen Amdal

Pemkab Katingan

Sekda Katingan Buka Rapat Penerimaan PAD

Pemkab Katingan

Data Covid-19 Katingan: 52 Orang OTG, 2 Orang Sembuh

Pemkab Katingan

Bupati Ingatkan Masyarakat Jangan Percaya Calo CPNS

Pemkab Katingan

Bupati Sakariyas Lantik 13 Pejabat Eselon III-IV Pemkab Katingan