Home / Nasional

Kamis, 23 Juli 2020 - 20:33 WIB

Mendagri: Penanganan Covid-19 Jadi Isu Utama Pilkada Serentak 2020

Mendagri RI Tito Karnavian.

Mendagri RI Tito Karnavian.

JAKARTA, KaltengEkspres.com – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan peran Kepala Daerah dalam penanganan Covid-19 akan menjadi isu utama dalam kontestasi yang akan diangkat calon kepala daerah untuk meraup suara pada Pilkada Serentak 2020 mendatang.

“Ini akan menekan isu primordial yang sering kali menjadi konflik termasuk di Ambon – Maluku, mulai dari masalah kekerabatan, suku, agama yang sering kali sensitif. Tapi akan tertekan dengan isu Covid-19 yang menyangkut hajat hidup orang banyak,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Kaltengekspres.com pada Kamis (23/07/2020).

Baca Juga :  BNPT Rilis 4 Produk Pencegahan Potensi Terorisme

Menurutnya saat ini setiap daerah sedang menghadapi pandemi Covid-19 sehingga otomatis calon petahana yang akan kembali bertarung pada Pilkada Serentak 2020 akan berupaya keras mengeluarkan segala sumber daya yang dimiliki untuk menekan angka kasus positif di daerahnya masing-masing.

“Petahana akan all out betul. Kalau tidak, tidak akan terpilih. Sementara calon kepala daerah penantang akan menyiapkan gagasan inovatif dalam penanganan Covid-19 termasuk dampak sosial ekonominya,” tambah Tito

Ia menyebutkan, pemerintah pusat juga telah membentuk Komite Kebijakan dan atau Satuan Tugas Penanganan Covid-19/ Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah yang menyatukan antara penanganan kesehatan dan ekonomi dengan lebih sistematis serta lebih terorganisir. Sebelumnya Gugus tugas hanya fokus pada masalah kesehatan sementara Pandemi Covid-19 memiliki efek domino ke krisis ekonomi keuangan dan juga krisis sosial.

Baca Juga :  PLN Catat Kenaikan Penjualan Listrik 6,17 Persen Tahun 2022

“Dua-duanya baik kesehatan dan ekonomi keuangan termasuk masalah sosialnya perlu diselamatkan, maka kita harapkan dengan adanya komite ini maka penanganan kesehatan dan masalah ekonomi bisa berjalan secara paralel dan diselesaikan dengan langkah-langkah yang lebih sistematis,”jelas Tito. (tu)

Share :

Baca Juga

Nasional

Sumbawa Barat Diguncang Gempa 4,1 Magnitudo

Nasional

Semeru Muntahkan Lava Pijar Sejauh 800 Meter

Nasional

Rivan A Purwantono: Pelayanan Cepat dan Terbaik Wujud Bela Negara Jasa Raharja

Metro Palangka Raya

PLN: Tidak Ada Penghapusan atau Pengalihan Pelanggan Daya 450 VA

Nasional

Tim Densus 88 Antiteror Buru Jaringan Teroris

Metro Palangka Raya

Anggota DPR RI Sentil Perusahaan Asing

Metro Palangka Raya

Menteri BUMN Dorong Kendaraan Berbasis Energi Hijau Tumbuh Masif

Nasional

Rahmat Hamka Dorong Pemerintah Buat Kebijakan Khusus Bagi Peladang