Home / DPRD Murung Raya

Minggu, 14 Juni 2020 - 19:28 WIB

Dewan Berharap Ada Penambahan Data Penerima BLT di Mura

Anggota DPRD Mura Tuti Marheni.

Anggota DPRD Mura Tuti Marheni.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Anggota Komisi I DPRD Mura Tuti Marheni berharap ada penambahan data penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) bagi keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Mura.

Harapan ini disampaikannya mengingat bahwa BLT Provinsi Kalteng yang diberikan untuk Kabupaten Mura datanya paling rendah dibandingkan dari kabupaten di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito seperti Kabupaten Barito Utara (Barut) dan Barito Selatan (Barsel) dengan kisaran Rp 2 miliar.

Sedangkan untuk Kabupaten Mura dari data yang disampaikan sejumlah anggota DPRD Provinsi Kalteng saat menggelar reses Kamis (4/6) lalu, BLT Provinsi Kalteng hanya disalurkan kurang lebih Rp 671.500.000 untuk 1.343 KPM.

Baca Juga :  Delapan Wajah Baru Harus Berani Menyuarakan Aspirasi Masyarakat

Maka dari itu, ia mengharapkan agar Pemprov Kalteng yang dalam hal ini Gubernur Kalteng bisa memperhatikan kisaran angka BLT dari APBD Provinsi Kalteng karena hingga saat ini grafik pandemi Covid-19 tak kunjung berakhir.

“Kita berharap dengan adanya perhatian yang maksimal dari Pemprov Kalteng dalam menyalurkan BLT bagi masyarakat Mura bisa setara dengan kabupaten lainnya didalam jumlah penerima guna meringankan beban masyarakat disamping adanya bantuan dari pemerintah pusat maupun Pemerintah Daerah (Pemda) Mura, sehingga semua masyarakat yang kurang mampu bisa mendapatkan bantuan tanpa adanya kecemburuan sosial,” kata Tuti Marheni Minggu (14/6/2020).

Ia menjelaskan, sesuai data bantuan yang diterima oleh pihaknya saat ini, untuk BLT pusat sebanyak 6.734 penerima sebagian melalui kantor pos sebanyak 6.439 KPM, melalui bank swasta sebanyak 295 KPM dengan progres 52 persen kemudian untuk BLT Pemda Mura sebanyak melalui program KMS Covid-19 sebanyak 1.410 KPM dengan jumlah penerima Rp 600.000/KPM dan yang tersalur 1.361 KPM dengan progres 97 persen.

Baca Juga :  Dukung Pemkab Mura Untuk  Siapkan SPBE

Sedangkan untuk BLT Provinsi Kalteng ada 1.343 KPM yang sudah tersalur sebanyak 1.301 KPM dengan progres 96 persen dan hingga sekarang masih berlansung.

“Ini data yang masuk pada kami, kendala yang dihadapi saat ini hanya saja terletak pada administratif sehingga kedepannya penyaluran bantuan segera dilakukan pemuktahiran terhadap data terpandu kesejahteraan sosial (DTKS),”ujarnya. (ari)

Share :

Baca Juga

DPRD Murung Raya

Dukung Pembahasan Lebih Lanjut Raperda Masyarakat Hukum Adat

DPRD Murung Raya

Dewan Minta Perusahaan Bantu Masyarakat Selama Pendemi Covid-19

DPRD Murung Raya

Heriyus Dukung Siapkan Atlet Handal

DPRD Murung Raya

Akses Telekomunikasi Warga Pedalaman Perlu Diperhatikan

DPRD Murung Raya

Dewan Minta Ketersediaan Pangan Cadangan Diperhatikan

DPRD Murung Raya

Dewan Gelar Paripurna Pertanggungjawaban APBD 2018

DPRD Murung Raya

Dewan Dukung Latsar Petugas Satpol PP Mura

DPRD Murung Raya

Nilai-nilai Toleransi Beragama di Mura Patut Diapresiasi