Home / DPRD Murung Raya

Kamis, 11 Juni 2020 - 22:03 WIB

Cegah Karhutla, Pemdes Diminta Beri Pemahaman ke Masyarakat

Anggota DPRD Mura Johansyah.

Anggota DPRD Mura Johansyah.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Anggota DPRD Murung Raya Johansyah meminta Pemerintah desa (Pemdes) di Kabupaten Murung Raya (Mura) untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat desa terkait pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Khususnya tentang larangan membuka lahan dengan cara membakar memasuki musim kemarau ini.

Menurut Johansyah, peran seluruh steakholder hingga pada Pemdes dalam memberikan edukasi kesadaran masyarakat untuk tidak membakar saat membuka lahan diperlukan. Hal ini supaya masyarakat desa tidak tersandung hukum seperti yang terjadi pada kasus tahun lalu di Desa Juking Pajang.

Baca Juga :  Dewan Dorong Sektor UMKM Selama Pandemi Covid-19 Diperhatikan

“Kita menyadari saat initradisi membuka lahan ketika memasuki musim kemarau masih saja digunakan masyarakat. Maka dari itu dengan adanya edukasi dan sosialisasi secara berkelanjutan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat desa agar ketika membuka lahan sesuai dengan anjuran dan peraturan yang berlaku,” ungkap Johansyah, Kamis (11/6/2020).

Dijelaskan Johansyah, bahwa saat ini masyarakat desa masih berprinsip bahwa membuka lahan dengan cara dibakar merupakan cara yang murah dan efektif. Meski berakibat ketika memasuki musim kemarau akan ditemukan banyak titik api atau hotspot di Kabupaten Mura.

Baca Juga :  Dewan Dorong Pemkab Mura Gencar Sosialisasi Kebersihan Lingkungan

“Untuk menanggulang itu, maka diperlukan sosialisasi yang disampaikan secara humanis kepada masyarakat secara terus menerus dengan melibatkan tokoh adat dan masyarakat, supaya tradisi itu  bisa dirubah oleh masyarakat,” tandasnya. (ari)

Share :

Baca Juga

DPRD Murung Raya

Dewan Ingatkan ASN dan Aparat Desa Tak Boleh Terima Bansos

DPRD Murung Raya

Ekonomi Masyarakat Perlu Ditingkatkan

DPRD Murung Raya

Dewan Dorong Fasilitas Pendidikan Diperhatikan

DPRD Murung Raya

DPRD Mura Belum Jadwalkan Pemeriksaan Rapid Test Terhadap Anggota

DPRD Murung Raya

Pemkab Mura Harus Tegas Terapkan Protokol Kesehatan

DPRD Murung Raya

Mura Expo Diharapkan Mampu Kembangkan UKM

DPRD Murung Raya

Dewan Siap Bantu Sosialisasi Karhutla ke Masyarakat

DPRD Murung Raya

Dewan Apresiasi Capaian Penyaluran BLTD
error: Content is protected !!