Home / Barito

Selasa, 25 Februari 2020 - 23:27 WIB

BPBD Barsel Ingatkan Warga Jangan Bakar Lahan

Buntok,KaltengEkspres.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mengimbau masyarakat setempat untuk tidak membakar lahan mengingat cuaca panas dan hujan tidak menentu selama satu bulan terakhir.

“Meskipun panas Hujan dalam sebulan in tidak menentu di Barsel. Teriknya sinar matahari mengingatkan masyarakat Barsel untuk selalu waspada terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dapat mengakibatkan kabut asap dan kerugian lainnya,” kata Kepala BPBD Barsel Alip Suraya saat dibincang Kalteng Ekspres.com Selasa (25/2/2020).

Baca Juga :  Ketua Persit KCK Buntok Kunjungi Koramil Ampah

Untuk mencegah dan terjadi bencana kabut asap, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Barsel, baik secara langsung maupun tidak langsung berkenaan dengan kegiatan perkebunan, pertanian atau pun pribadi serta rumah tangga khususnya yang berada di kawasan hutan, dilarang untuk membersihkan lahan atau membuka lahan dengan cara dibakar.

Menurut dia, meskipun saat ini belum musim kemarau, namun karena ada tangan tangan jahil yang sengaja membakar lahan, maka dalam dua hari berturut-turut telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di Barsel, dimana salah satu pelaku pembakarannya  telah diamankan oleh pihak kepolisian.

Baca Juga :  Satgas TMMD Bantu Warga Dusun Layung Habang Panen Lombok

“Jangan sampai niat ingin bertani atau berkebun untuk menafkahi keluarga, malah jadi sengsara akibat berurusan dengan pihak berwajib karena kedapatan membakar lahan dan hutan,” ujarnya.

Masih dikatakan Alip Suraya, apabila sudah terjadi karhutla maka selain berhadapan dengan hukum juga akan berdampak yang tidak baik terhadap kesehatan.

“Kebakaran Hutan dana Lahan serta Kabut asap akan memberikan kerugian di bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi,” tandasnya.(rif).

Share :

Baca Juga

Barito

Bangkitkan Patriotisme, Polres Barsel Bentangi Bendera Merah Putih di Sungai Barito

Barito

Malam Hari dan Diguyur Hujan, Pekerjaan Jalan TMMD Desa Terus Berlanjut

Barito

Polisi Gulung Tiga Komplotan Pencuri Tabung Gas

Barito

Polsek, Koramil dan Pihak Kecamatan Jenamas Sambangi Kediaman Penderita Hidrosefalus

Barito

Dua Pejabat Dinas PUPR Barsel Turut Diperiksa Kejaksaan

Barito

Bupati Bartim Hadiri Baksos

Barito

Gugatan Prapradilan Mantan Kabid Disdik Bersel Ditolak

Barito

Beri Dukungan dan Motivasi, Dandim 1012 Buntok Kunjungi Warga di Kebun
error: Content is protected !!