Antisipasi Laka, Belasan Sopir Bus Dites Urine

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Sedikitnya 16 orang sopir bus yang berada di Kota Pangkalan Bun di tes urine petugas Badan Narkotika Nasional (BNN)  Kabupaten Kotawaringin Barat, Rabu (3/7/2019). Pemeriksaan ini dilakukan dalam rangka mencegah sekaligus mengantisipasi agar kejadian kecelakaan (laka) bus tak terulang kembali.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kobar Nevi Susanti mengatakan, berdasarkan surat permohonan pemeriksaan tes narkoba dari sejumlah pemilik travel bus, maka pihaknya langsungg menggelar tes urin kepada para sopir.

“Kami intinya menyambut baik, sebenarnya ini yang kita harapkan dari semua rekan-rekan transportasi. Karena tes urine ini untuk melihat sejauh mana para sopir benar-benar sehat dan bebas dari narkoba,”ungkap Nevi kepada awak media.

Menurut Nevi, keinginan dari pihak bersangkutan untuk menggelar tes urine ini, sebagai tindakan preventif kemandirian dan kepedulian dari pihak perusahaan. Karena itu pihaknya selalu bersedia apabila ada dari pihak pengelola transportasi untuk melakukan kerjasama tes urine setiap waktu.

Sementara itu salah satu pengelola transportasi Yudie menyambut baik kedatangan BNN untuk melakukan tes urine kepada sejumlah sopir bus. Tes ini kata dia, bagi pihaknya bukan yang pertama kali, melainkan sudah sering dilakukan dengan BNN Kobar. (yus)