Tahun 2020, Pangkalan TNI AL Kumai Bakal Dibangun

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Jika tidak ada kendala, rencananya pada tahun 2020 mendatang, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kumai mulai dibangun. Hal ini dikarenakan lahan untuk pembangunan Lanal tersebut sudah disiapkan Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), yang berlokasi di pinggir Sungai Kumai dekat dengan lokasi PLTU EEI Kumai.

Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Kumai Letda (P) Sudjito, menjelaskan, anggaran pembangunan Lanal Kumai tersebut sudah disiapkan oleh TNI AL pada tahun 2020.

“Kami sudah mengajukan rencana lokasi lahan seluas 10 hektar yang berada dipinggir Sungai Kumai dekat PLTU Jalan Angkatan Muda, Desa Sungai Kapitan. Syukurlah dalam hal ini kita didukung penuh oleh Pemkab Kobar terkait proses pembebasan lahan, jalan masuk lokasi Lanal dan legalitasnya,” jelas Danposal yang juga anggota Pasukan Elite TNI AL yaitu Komando Pasukan Katak (Kopaska).

Menurutnya, rencana awal pembangunan Lanal tersebut sedikit mengalami perubahan dari rencana semula, yang berada di Jalan Pangkalan Bun Kumai dekat markas Brimob Kompi B Pangkalan Bun dan Basarnas.

“Karena sesuai petunjuk pimpinan, Lanal sesuai lingkup tugas kita diwilayah perairan lokasi Lanal berada di dekat lait atau Sungai Kumai. Sehingga nantinya dermaga Lanal tersebut bisa disinggahi kapal perang milik TNI AL,” ujarnya.

Sementara untuk tipe Lanal Kumai nantinya. Ia menyebut memiliki tipe D dengan komandan berpangkat Mayor. Sedangkan jenis kapal yang nantinya bakal berpangkalan di Lanal Kumai, belum bisa memastikan lantaran hal tersebut adalah kewenangan pimpinan. (aro)