Diskominfo Mura Bakal Kembangkan TTG

Kadiskominfo SP Bimo Santoso.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Murung Raya (Mura) bakal mengembangkan teknologi membantu para petani dalam mengelola usaha pertanian.

Pengembangan teknologi tersebut dilakukan seorang praktisi bidang teknologi tepat guna berbasis microcontroller, micro computer, mekatronika, sistem robotika dan sistem informasi, Sucipto, yang juga Ketua Organisasi Perkumpulan Petani Hidroponik Trans Bahitom (PPHTB) yang juga bekerja di Diskominfo SP Mura.

“Teknologi tersebut adalah teknologi penerapan smart kampung yang merupakan teknologi tepat guna penyiraman otomatis menggunakan energi matahari dengan memanfaatkan solarcel,” kata Kadis Kominfo SP Mura Bimo Santoso, Senin (7/1/2019).

Penerapan Smart Kampung merupakan langkah pembangunan percepatan dalam mewujudkan dan memajukan masyarakat desa khususnya pada bidang pertanian dan perkebunan.

“Hal ini kita lakukan untuk mengimbangi dengan berbagai unsur pendukung yang relevan untuk mencapai target yang sudah ditentukan salah satunya adalah penerapan teknologi tepat guna berdasarkan kebutuhan dan tuntutan zaman yang semakin cepat,” katanya.

Sasaran awal ujicoba teknologi ini di lahan pertanian Trans Bahitom, karena wilayah tersebut masuk dalam kategori wilayah cuaca ekstrem. Dampak dari hal tersebut sangat terasa salah satunya bagi petani khususnya wilayah Trans Bahitom terkait dengan perawatan tanaman. (tris)