Home / Kobar

Sabtu, 3 Februari 2018 - 19:16 WIB

Bupati Kunjungi Kebun Kopi Lokal Kobar

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah meninjau lokasi kebun kopi di Desa Kumpai Batu Atas, Sabtu (3/2/2018).

Dalam kunjungannya tersebut, bupati sangat mengapresiasi Kelompok Tani Kopi Kumpai Batu Atas untuk berbenah di dalam prospek ekonomi masyarakat.

Ada 22 kelompok petani di Desa Kumpai Batu Atas, rata-rata kelompok petani tersebut menanam kopi berjenis liberika dan robusta.

Nurhidayah mengatakan, keinginan masyarakat Desa Kumpai Batu Atas dalam berbenah diri dalam ekonomi ke masyarakatan cukup luar biasa.

Baca Juga :  Setrum Ikan, Warga Mendawai Diciduk Polisi

“Sangat bagus progresnya, biarpun kopi memang tidak terlalu primadona di kalangan masyarakat Kobar, kita harus menemukan inovasi yang lain untuk untuk perkembangan petani kopi,”ungkapnya.

Sementara itu, Sutris petani kopi di Desa Kumpai Batu Atas, mengungkapkan, penanaman kopi di desanya sebenarnya sudah dari dulu, tapi dulu hanya di kosumsi sendiri, lalu datanglah teman dari Selanting untuk membina petani kopi agar menjual kopi keluar daerah.

Baca Juga :  Awas! Tiga Orang Positif Corona di Kobar Ternyata Orang Tanpa Gejala

Sementara ini, tanaman kopi di Desa Kumpai Batu Atas yang terhitung oleh anggota tani sebanyak 1.071 pohon, sedangkan yang produktif sekitar 861 pohon.

H. Ruslan sebagai tokoh masyarakat juga sebagai penikmat kopi “Kopi Kumpai Batu Atas rasanya cukup enak, apalagi kopi berjenis liberika yang beraroma buah nangka, cukup enaklah”ujarnya.

Kedepannya kopi liberika akan di kordinasikan dengan Dinas Tanaman Pangan, Holtokultura dan Perkebunan untuk memberdayakan kopi liberika di Desa Kumpai Batu Atas. (dre)

Share :

Baca Juga

Kobar

Pengedar Sabu Kelurahan Candi Dibekuk Polisi

Kobar

Ratusan Pedagang Pasar Karang Mulya Jalani Rapid Test

Kobar

Pelaku Trafficking Pangkalan Bun Dibekuk Polisi, Sasaran Korban Para ABG

Kobar

WOW!! Hasil P1 Adipura Kobar Tertinggi di Kalteng

Kobar

Ditetapkan Tersangka, Empat ASN Ajukan Praperadilan

Kobar

Awas!, Bupati Nurhidyah Tindak Tegas Oknum yang Naikan Harga dan Penimbun Sembako

DPRD Kobar

Bawa Aspirasi Mahasiswa, 4 Anggota DPRD Kobar Berangkat ke Jakarta

Kobar

Razia Rutin Polantas Polres Kobar Jaring 23 Pelanggar
error: Content is protected !!