Masyarakat Inginkan Baamang Hulu Jadi Kawasan Wisata Pesawat

SAMPIT, KaltengEkspres.com Warga Kelurahan Baamang Hulu menginginkan kawasan di seputar Bandara H Asan agar dijadikan kawasan wisata pesawat. Mengingat keberadaan bandara ini menjadi salah satu tempat yang dikunjungi masyarakat untuk melihat kedatangan atau keberangkatan pesawat. Hal itu diungkapkan oleh Lurah Baamang Hulu, Supiansah usai digelarnya musrenbang Kelurahan Baamang Hulu, Kamis (21/12/2017).

“Keberadaan bandara sejak dulu sudah diminati warga, bahkan yang berasal dari luar Kelurahan Baamang Hulu kerap mengunjungi kawasan sekitar bandara untuk melihat kedatangan dan keberangkatan pesawat,” kata Supiansah.

Para pengunjung ini lanjut dia,  biasanya menyempatkan untuk berselfie di luar pagar bandara, sebagian lagi berkumpul di tepian sungai di ujung bandara untuk mengabadikan momen. Prilaku masyarakat ini menjadi sesuatu yang rutin dilakukan sekitar atau luar kawasan itu sehingga bandara H. Asan identik dengan kunjungan.

“Saat musrenbang ada aspirasi agar Pemkab mempersiapkan kawasan tersebut menjadi kawasan wisata dengan catatan tetap menjamin keselamatan penerbangan,”ungkap Supiansah.

Pihaknya mendorong instansi terkait melakukan pembenahan kawasan tersebut sehingga lebih menjual untuk dijadikan kawasan wisata, seperti melengkapi sarana untuk tempat bersantai atau penambahan infrastruktur.

“Warga desa Bengkirai yang berbatasan dengan bandara juga sudah setuju adanya portal buka tutup jalan mereka demi keamanan bandara,”ujarnya.

Ia juga berharap dalam upaya perluasan bandara pihak Pemkab menyiapkan anggaran untuk ganti rugi lahan. “Warga kita siap saja karena mereka mendukung upaya perkembangan bandara yang berdampak pada kemajuan lingkungannya,”paparnya. (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here