Home / Kobar

Rabu, 6 September 2017 - 20:31 WIB

Luar Biasa!! Operasi Mata Katarak Gratis Ini Diserbu Ratusan Warga

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com РPemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), bekerjasama dengan Bank Kalteng Cabang Pangkalan Bun, serta sejumlah bank lainnya dan yayasan keagamaan membuka pelayanan operasi mata katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, pada Rabu (6/9). 

Sejak dibuka pagi sekitar pukul 07.00 Wib, pelayanan berobat gratis ini langsung diserbu ratusan warga dari sejumlah kecamatan se-Kabupaten Kobar. Bahkan, ada juga yang berasal dari kabupaten tetangga yakni Kabupaten Sukamara, dan Lamandau.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Fauzan mengatakan, layanan operasi mata katarak gratis ini, merupakan kegiatan sosial program kerja 100 hari kepemimpinan Bupati Kobar Hj Nurhidayah. Program kerja ini bekerjasama dengan sejumlah bank. Baik Bank Kalteng Cabang Pangkalan Bun selaku mitra dalam penyertaan modal untuk melaksanakan program Corporate Sociality Responsbility (CSR) nya kepada masyarakat Kobar, serta bank lainnya yang turut terlibat membantu suksesnya kegiatan.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 8 hari. Jumlah peserta yang sudah terdaftar sebelumnya ditargetkan hanya sekitar 327 orang. Namun saat pelayanan dibuka hari ini Rabu (6/9), jumlah peserta yang mendaftar justru bertambah membludak. Catatan kita jumlahnya kini sudah mencapai 450 orang,” ujar Fauzan saat dimintai keterangan diruang kerjanya Rabu (6/9).

Ia menjelaskan, untuk hari ini atau Rabu (6/9), pelayanan tersebut khusus difokuskan untuk skrining pada mata, dan juga periksa kesehatan lainnya kepada para peserta yang telah mendaftar. Tujuannya untuk mengetahui, layak atau tidaknya peserta tersebut mengikuti operasi mata katarak.

Baca Juga :  Warga Desa Asam Baru Panen Raya Benih Inpari




“Karena itu lah, semua peserta ini kita silakan mendaftar dulu dan mengikuti skrining dan cek kesehatan. Nanti setelah hasil keluar dan diketahui layak baru dilanjutkan untuk operasi. Namun jika ada yang tidak layak maka peserta tidak bisa diikutkan untuk menjalani operasi,”papar Fauzan.

Diterangkan Fauzan, layanan pengobatan gratis operasi mata katarak itu disiapkan tenaga dokternya sebanyak 6 orang. Lima orang didatangkan dari jawa, satu orang dari dokter rumah sakit setempat.Kemudian sistem layanan operasinya nanti, digenjot dari pagi sekitar pukul 08.00 Wib sampai pukul 19.00 Wib.

Sementara itu Pimpinan Bank Kalteng Cabang Pangkalan Bun Meishias Nobellius Koetin mengatakan, program CSR yang dilaksanakan Bank Kalteng Cabang Pangkalan Bun ini merupakan program rutin setiap tahunnya. Tahun ini, program CSR pihaknya dilaksanakan sinergi dengan Pemkab Kobar, melalui kegiatan membuka pelayanan berobat gratis operasi mata ketarak.  Berupa menyediakan biaya untuk operasi, dan dokter spesialias ahlinya.

“Kegiatan ini juga bentuk dukungan Bank Kalteng terhadap program Pemkab Kobar. Terutama yang berhubungan dengan bidang kesehatan. Disamping itu juga sebagai wujud kepedulian Bank Kalteng kepada masyarakat Kalteng, khususnya di Kobar ini, karena Bank Kalteng adalah milik masyarakat Kalteng,”ungkap Nobellius Koetin Rabu (6/9).

Pada kesempatan itu ia berharap masyarakat menjadikan bank milik daerah ini menjadi bank pilihan utama. Sehingga ke depan bisa lebih maju, terdepan dan luar biasa.

“Kami akan terus berbenah dan meningkatkan kualitas layanan.Untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Kobar,”paparnya. (hm)

Share :

Baca Juga

Kobar

Cegah Pengendara Ugal-Ugalan, Satlantas dan Dishub Kobar Terapkan Program RSPA

Kobar

Gasak Uang Rp 30 Juta dan HP Milik Imam Masjid, Pencuri Asal Barabai Dibekuk Polisi

Kobar

Dipicu Pertengkaran, Buruh Sawit Dibacok Rekan Kerja

Kobar

Tragis, Sudah Dua Nelayan Mendawai Ditemukan Mengenaskan, Ini Identitasnya

Kobar

Puluhan Rumah Warga Aruta Direndam Banjir

Kobar

Bupati Salurkan Bantuan Sembako Bagi Warga Korban Banjir Mendawai

Kobar

Jambret Beraksi 8 TKP Diringkus Polisi

Kobar

Polisi Temukan 5 Karung Pakaian Dalam Wanita Berceceran dalam Hutan