Home / Pemkab Katingan

Kamis, 21 Maret 2024 - 10:23 WIB

Pj Bupati Lantik Damang Kepala Adat Katingan Hilir 

Pj Bupati Katingan Saiful saat melantik Damang Kepala Adat Katingan Hilir, Kamis (21/3). (Foto : isnaeni)

Pj Bupati Katingan Saiful saat melantik Damang Kepala Adat Katingan Hilir, Kamis (21/3). (Foto : isnaeni)

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful, melantik Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Hilir.  Prosesi pelantikan ini berlangsung di Gedung lantai II Bapedalitbang Katingan, Kamis  (21/3/2024).

“Pelantikan ini mengacu pada peraturan Gubernur Kalteng Nomor 16 Tahun 2008 tentang kelembagaan adat dayak di Kalimantan Tengah, kemudian dilanjutkan pengangkatan jabatannya oleh Bupati mengacu pada sumpah janji,”kata Saiful kepada awak media, Kamis (21/7).

Selain itu lanjut Saiful, berdasarkan rekomendasi Dewan Adat Dayak atas nama Dunes B.Gasan menjabat sebagai Damang Kepala Adat Katingan Hilir periode 2024 – 2030.

Baca Juga :  BPBD Katingan Distribusikan Air Bersih ke Daerah Terdampak Banjir

“Kepada damang yang baru dilantik, agar mempersiapkan jadwal pelantikan mantir adat desa se – Kecamatan Katingan Hilir. Dimana tugas dan fungsi Damang Kepala Adat di Katingan Hilir cukup berat, mengingat dipundak Damang Kepala Adat terpikul beban tanggungjawba menegakkan budaya,” ungkapnya.

Kemudian juga, tambah Saiful, Damang Kepala Adat perlu melestarikan dan mengembangkan adat istiadat serta lembaga adat khususnya di Kabupaten Katingan, serta ikut menjaga kerukunan kedamaian antar golongan.

Baca Juga :  Wabup Tinjau Bangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji

“Karena itu diharapkan, kedudukannya sebagai mitra Camat dalam memberdayakan dan melestarikan pengembangan adat istiadat,”bebernya.

Pada kesempatan ini ia mengingatkan kepada Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Hilir Dunes B. Gasan untuk bersikap dan berperilaku bijak, sehingga tak ada pihak -pihak yang merasa tersisih dan ditinggalkan, dengan berbekal hal itu upayakan untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif di wilayahnya. (isnaeni)

Share :

Baca Juga

Pemkab Katingan

Gubernur Kalteng Cek Progres Pembangunan Jembatan Tumbang Samba

Pemkab Katingan

Sakariyas Lepas Peserta Fun Bike

Pemkab Katingan

Bupati Terima Bantuan Masker dan APD Dari PBS

Pemkab Katingan

Bupati Sakariyas Pimpin Apel Penanganan Pencegahan Covid-19

Katingan

KUA PPAS APBD Katingan 2022 Disahkan

Katingan

Puluhan Masyarakat Disosialisasi Perbup Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

Pemkab Katingan

Bupati Sakariyas Tetapkan Status Siaga Bencana

Pemkab Katingan

FKUB Imbau Umat Beragama Hormati Bulan Suci Ramadan