Home / Lamandau / Pemkab Lamandau

Minggu, 13 Agustus 2023 - 13:42 WIB

Bupati Lamandau Panen Perdana Kopi Robusta Desa Kahingai

Bupati Lamandau Hendra Lesmana panen perdana Kopi Robusta di Desa Kahingai, Kecamatan Belantikan Raya. (Foto : Bintang Rahmadi)

Bupati Lamandau Hendra Lesmana panen perdana Kopi Robusta di Desa Kahingai, Kecamatan Belantikan Raya. (Foto : Bintang Rahmadi)

NANGA BULIK, Kaltengekspres.com – Bupati Lamandau Hendra Lesmana, didampingi Sekda dan sejumlah Kepala OPD menghadiri Panen Pertama Kopi Robusta di Desa Kahingai Kecamatan Belantikan Raya, Minggu 13 Agustus 2023.

Panen perdana komoditas andalan desa setempat itu juga dihadiri oleh Ketua  Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kalimantan Tengah, Ketua TP. PKK Kabupaten Lamandau, Camat serta warga desa setempat.

“Setelah beberapa waktu yang lalu kita melakukan penanaman kopi robusta, hari ini kita akan bersama untuk memanen kopi robusta perdana di Desa Kahingai,” ungkap Hendra Lesmana dalam sambutannya.

Menurutnya, diperlukan kesabaran dan kehati-hatian dalam menanam komoditas kopi di Lamandau, hal itu karena kopi merupakan jenis tanaman baru yang sebelumnya belum dikembangkan, sehingga masih diperlukan perhatian lebih untuk pengelolaan kebun kopi yang baik.

Baca Juga :  Hadiri HPN di Lamandau, Ketua Umum PWI Terima Gelar Adat Dayak Tomun

“Saya harap nantinya komoditas kopi di Desa Kahingai ini akan menjadi pendongkrak perekonomian masyarakat. Selain itu diharapkan Lamandau akan terkenal dengan kopi yang menjadi objek wisatanya,” sebutnya.

Baca Juga :  HUT Bhayangkara ke-78, Polres Lamandau Gelar Bakti Kesehatan Penyandang Disabilitas

Hendra Lesmana berpesan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh stakeholder dapat bersinergi untuk mengembangkan komoditas kopi sebagai salah satu pilihan bagi masyarakat selain kelapa sawit.

Bersama para petani, Bupati dan pejabat yang hadir melaksanakan panen buah kopi yang telah masak atau petik merah untuk mengawali keberhasilan petani kopi di Desa Kahingai dalam membudidayakan komoditas kopi robusta.(Btg/*)

Share :

Baca Juga

Daerah

72 Calon Paskibraka Mulai Jalani Pemusatan Latihan

Lamandau

Usung Tema Toleransi, Pesparawi XVI Kalteng Resmi Dimulai

Daerah

Disdukcapil Gelar Layanan Jebol Adminduk

Lamandau

Turnamen Futsal Bupati Lamandau Cup V 2023 Bergulir

Lamandau

Hadapi Bencana Alam dengan Destana

Lamandau

Kodim 1017/Lmd Beri Penyuluhan Wasbang di Desa Lokasi TMMD

Lamandau

Polda Kalteng Amankan Warga Kinipan

Daerah

Gali Potensi Daerah Melalui Pelatihan UMKM