Home / DPRD Barito Selatan

Senin, 31 Juli 2023 - 11:16 WIB

Komisi III DPRD Barsel Harapkan Bumdes Bantu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Hermanes.

Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Hermanes.

BUNTOK, KaltengEkspres.com -Ketua komisi III DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Hermanes mengharapkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di wilayah setempat bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di desanya masing-masing.

“Karena, sebagian pemerintahan desa yang mendirikan bumdes tanpa terlebih dahulu melihat potensi dan kebutuhan prioritas masyarakat di desanya,” kata Hermanes, Senin (31/7/2023).

Dikatakannya, kalau tidak melihat potensi SDA dan potensi lainnya yang ada di desanya, maka bumdes yang dibangun tidak akan bisa ikut berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Untuk itu Hermanes meminta kepada pemerintahan desa sebelum mendirikan bumdes terlebih dahulu melihat potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun potensi lainnya yang ada di desanya masing-masing yang bisa dikembangkan dan diperlukan masyarakat.

Baca Juga :  Sejumlah Anggota DPRD ini Apresiasi Pemkab Barito Selatan Dapatkan Sejumlah Penghargaan

Ia mencontohkan, seperti pada suatu desa yang memiliki potensi hasil pertanian dan perkebunan, maka sangat diperlukan bumdes dalam bidang usaha pupuk dan obat-obatan pertanian.

“Bumdes yang didirikan juga bisa menampung hasil pertanian untuk selanjutnya dipasarkan, sehingga keberadaannya dapat membantu masyarakat desanya,” ucap Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan ini.

Selain itu, ia mengajak kepala desa beserta aparaturnya yang ada di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini supaya betul-betul dalam mengelola bumdes, sehingga bumdes bisa berjalan dengan baik guna memajukan desanya masing-masing.

Baca Juga :  Dinilai Melanggar SKB 2 Menteri, Dewan Tak Setuju Pemkab Barsel Berhutang

Sebab kata dia, keberadaan bumdes memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan memajukan desanya.

“Potensi-potensi yang ada di desa, seperti sektor pertanian, perkebunan dan perikanan dan bidang lainnya yang jika didukung oleh bumdes, maka sektor tersebut akan bisa semakin maju,” ucapnya.

Demikian halnya dengan potensi lainnya yang apabila dikembangkan dengan baik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Dengan begitu, disamping berperan membantu masyarakat, bumdes yang dibangun secara otomatis akan mengalami kemajuan dan berjalan sesuai dengan harapan bersama masyarakat di desanya masing-masing,” ucap dia. (rif)

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Minta Pemuda Bantu Edukasi Vaksinasi Covid-19

DPRD Barito Selatan

Fraksi DPRD Barsel Sampaikan Pandangan Umum Terhadap Raperda APBD-P

DPRD Barito Selatan

Pemkab dan DPRD Sepakat KUA-PPAS Barsel 2023 Sebesar Rp1, 051 Triliun

DPRD Barito Selatan

Dewan Barsel Minta Pemkab Tertibkan Jam Operasional Angkutan CPO

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Minta Perbaikan Jalan Dalam Gang di Kota Buntok

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Harapkan Orang Tua Awasi Pergaulan Anaknya

DPRD Barito Selatan

Menindak Lanjuti Hasil RDP, DPRD Telah Sampaikan Ke Bupati Barsel

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Harapkan Pembayaran TPP Sebelum Jabatan Bupati Berakhir