Home / Pemprov Kalteng

Jumat, 21 April 2023 - 08:20 WIB

Sekda Kalteng Ikut Itikaf di Malam Terakhir Ramadan

Sekda Kalteng Nuryakin saat mengikuti itikaf di Masjid Raya Darussalam Palangka Raya, Kamis (20/4) tadi malam.

Sekda Kalteng Nuryakin saat mengikuti itikaf di Masjid Raya Darussalam Palangka Raya, Kamis (20/4) tadi malam.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com– Ratusan jamaah melaksanakan  itikaf di Masjid Raya Darussalam Palangka Raya, pada malam ke 29 Ramadan, atau Kamis (20/4/2023) malam.

Itikaf ini, juga diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng H. Nuryakin dan Ketua MUI Kalteng H. Khairil Anwar, Syuriah PW NU H. Chairudin Halim, serta Sekretaris Umum LPTQ H. Yusi Abdian.

Usai Itikaf, Sekda Nuryakin mengatakan, melaksanakan sunnah Itikaf pada 10 malam terakhir Ramadan sangatlah penting bagi umat Islam, karena merupakan sunnah muakkadah (dianjurkan sekali).

“Betapa banyak dari kita meninggalkannya, padahal Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam tidak pernah meninggalkannya sejak masuk Madinah sampai Allah cabut nyawanya. Diam di masjid dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah. Saat terjaga, diisi waktunya dengan salat, tilawah, dzikir, berdoa, bermunajat, tadabbur, tafakkur atau mengkaji ilmu. Bahkan dalam kondisi tidur pun, orang yang beritikaf mendapatkan pahala yang besarnya tidak bisa didapatkan oleh orang yang tidur di rumahnya,”ungkap Nuryakin.

Nuryakin menyebut, betapa kerdilnya manusia di mata Allah SWT, tak ada celah dan ruang sedikitpun bagi manusia untuk sombong dan angkuh di hadapanNya. Maka menurutnya dekatkan diri kepadaNya sekuat yang kita bisa dengan membumikan ibadah sebagai suatu kebutuhan, bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Usul Percepat Revisi Perda RTRWP

“Di penghujung Ramadan ini kita berdoa dan bermunajat kepada sang Khalik, agar dipertemukan kembali pada Ramadan berikutnya. Semoga dengan melaksanakan ibadah Ramadan beserta amalan-amalan yang kita lakukan, mampu merawat dan mejaga keihlasan dan ketulusan kita, sehingga pengabdian di dunia ini, apapun peran kita semata-mata dengan niat ibadah kepada Allah SWT,”tandasnya. (asro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Sugianto-Edy: Ini kemenangan Bersama

Pemprov Kalteng

Mendag RI dan Sekda Kalteng Buka Bazar Night Market UMP

Pemprov Kalteng

Hingga Kini, Pemprov Kalteng Belum Berlakukan Lockdown

Pemprov Kalteng

Momen Hardiknas, Gubernur Kalteng Launching Program 1000 Rumah Guru, dan Salurkan TABE

Metro Palangka Raya

Mulai Tahun Depan, UMP Kalteng Naik 8,845 Persen

Pemprov Kalteng

Gelar Karya Kalteng Resmi Dibuka

Pemprov Kalteng

Food Estate untuk Ketahanan Pangan Jangka Panjang

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Pantau Kondisi Banjir Katingan dari Udara