Home / DPRD Provinsi Kalteng

Jumat, 7 April 2023 - 07:20 WIB

Persiapan Penanggulangan Bencana Banjir Harus Maksimal

Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno.

Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno meminta pemerintah daerah dimasing-masing kabupaten/kota agar memaksimalkan penanganan bencana banjir yang terjadi di wilayah Kalteng.

Pasalnya, setiap kali terjadi bencana banjir, daerah selalu lamban melakukan penanggulangan. Sehingga para korban banjir sempat merasakan kesulitan.

“Karena itu ke depan penanganan ini harus disiapkan dengan optimal baik itu menyalurkan bantuan maupun evakuasi. Jangan sampai penanganan lambat dilakukan, karena akibat banjir pasti banyak masyarakat yang perlu diperhatikan,”ungkap Wiyatno kepada sejumlah awak media, Kamis (6/4).

Selain itu, pemda melalui instansi terkait supaya dapat memetakan wilayah-wilayah yang terdampak banjir agar penanganan bisa dilakukan dengan cepat dan maksimal, serta dari segi penyaluran bantuan maupun evakuasi juga nantinya bisa secara merata.

“Saat ini di wilayah Kalteng masih berpotensi hujan, akibatnya debit air juga dikhawatirkan akan meningkat, wilayah terdampak dan rawan banjir perlu dipertakan. Sehingga, nantinya dalam hal penanganan bisa dilakukan serta semaksimal mungkin,” tuturnya.

Terkait persoalan banjir yang kerap terjadi di wilayah Kalteng ini, ia menyebut untuk upaya antisipasi atau meminimalisir kejadiannya kedepan antar stakeholder terkait perlu bersama-sama membahas hal tersebut baik dari pihak pemda hingga pakar ahli lingkungan.

“Di Kalteng ini setiap kali musim penghujan pastinya sejumlah wilayah terdampak banjir, ini perlu dikaji dan dibahas lebih dalam, apakah akibat dampak berbagai hal atau seperti apa, sehingga nanti bisa ditangani dan ditemukan solusi agar banjir bisa diminimalisir,” tandasnya. (asro)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Dukung Pembatasan Angkutan ODOL di Jalan Trans Kalteng

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Sesalkan Terjadinya Perkelahian Antar Sopir TaksiĀ 

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Minta Naker Lokal Dilindungi dengan Perda

DPRD Provinsi Kalteng

Harus Tetap Sinergi Tanggulangi Covid-19

DPRD Provinsi Kalteng

Masyarakat Dapil I Usul Bantuan Alat Pertanian

DPRD Provinsi Kalteng

Harga Tiket Pesawat di Kalteng Masih Mencekik

DPRD Provinsi Kalteng

Organisasi Cipayung Plus Sikapi RUU Omnibus Law

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Sampaikan Hasil Pansus Pengawasan Anggaran Covid-19