Home / Nasional

Senin, 24 April 2023 - 09:23 WIB

Arus Balik Diprediksi Tanggal 25 April 2023

ilustrasi net

ilustrasi net

JAKARTA, KaltengEkspres.com – Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo,  menjelaskan bahwa puncak arus balik lebaran 2023 ini diprediksi mulai terjadi pada 24-25 April 2023 mendatang. Sejumlah rekayasa lalu lintas pun siap diberlakukan untuk mengurai kepadatan pemudik tersebut. Baik arus mudik maupun balik tahun ini memiliki tantangan yang lebih berat untuk petugas, karena angka pemudik tahun ini menjadi yang paling tinggi sejak periode mudik 2019 lalu.

“Perlu dilakukan langkah-langkah untuk melakukan rekayasa, untuk pengaturan di jalur tol maupun arteri,” ungkap Kapolri, Minggu (23/4/23).

Baca Juga :  Pencuri Ponsel dan Uang Tetangga Diringkus Polisi 

Rekayasa lalu lintas yang disiapkan petugas lanjut dia, yakni one way, dan contra flow di jalan tol. Ada pula rencana penerapan ganjil genap di tol apabila volume kendaraan terus meningkat.

“Karena memang beban di tanggal 24 dan 25 puncak arus balik tersebut harus diurai karena apabila tidak, maka akan terjadi kondisi stuck karena memang beban yang ada melampaui kapasitas baik di jalan tol maupun arteri,”ujarnya.

Untuk one way direncanakan diterapkan seperti saat arus mudik. Yakni dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama. Adapun waktu pemberlakuannya akan disesuaikan dengan pemantauan volume kendaraan yang melintas.

Baca Juga :  Polisi Bongkar Penyelundup 117 Kg Sabu

“Apabila harus dilakukan one way sampai mengarah ke Jakarta kami mempersiapkan dari KM 70 kemudian 36, sampai 3+500, termasuk contraflow kita sesuaikan dengan hitungan yang ada di Jasa Marga untuk pemantauan terkait volume kepadatan lalu lintas,” paparnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang hendak balik ke Jakarta dan sekitarnya untuk mengikuti arahan petugas di lapangan, sehingga kepadatan kendaraan bisa diantisipasi dengan baik. (taupik)

Share :

Baca Juga

Nasional

Pilkada Serentak Dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan

Metro Palangka Raya

PLN Teken MoU Pengembangan EBT dengan 9 Perusahaan China 

Hukum Kriminal

Nyaris Tawuran, 9 Remaja Diciduk Polisi

Nasional

Polri Terbuka Terhadap Kritikan Masyarakat

Nasional

Korlantas Polri Usul Penghapusan BBNKB dan Pajak Progresif

Nasional

Jasad Pilot Sriwijaya Air Teridentifikasi

Nasional

Dua Pekerja PT Indopapua Dibantai KKB

Nasional

Polisi Selidiki Insiden Mobil Minibus Tercebur ke Laut