Home / DPRD Kota

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:00 WIB

Dewan Usul Dua Raperda tentang Pendidikan 

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, telah mengusulkan dua rancangan peraturan daerah (Raperda) terkait pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan.

Wakil Ketua II DPRD Kota Palangka Raya Basirun B Sahepar mengatakan,pengajuan raperda ini didasarkan pada kemajemukan masyarakat yang ada diwilayah Indonesia, sehingga diperlukan landasan untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Pertama, sebagai bentuk pembinaan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional dalam rangka memantapkan pengamalan Pancasila serta pelaksanaan UUD 1945, pelestarian Bhinneka Tunggal Ika serta pertahanan dan pemeliharaan keutuhan NKRI,”ujarnya.

Basirun menjelaskan, Pancasila dan wawasan kebangsaan sebagai bentuk pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa, serta pembinaan terhadap kerukunan antarsuku dan intrasuku, umat beragama, ras, dan golongan lainnya guna mewujudkan stabilitas kemanan lokal, regional, dan nasional.

Baca Juga :  Dewan Tinjau Pekerjaan Jembatan Titian Masyarakat oleh TNI

Mengingat saat ini kerapkali terjadi gejolak sosial di masyarakat, pemahaman pendidikan pancasila dan wawasan kebangsaan, dinilai mampu menangani konflik sosial sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga :  Dewan Dukung Usulan Penyiapan Kawasan Hutan Sosial

“Raperda ini juga sebagai bentuk koordinasi pelaksanaan tugas antarinstansi pemerintahan yang ada di wilayah daerah provinsi maupun daerah kabupaten/kota untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul dengan memperhatikan prinsip demokrasi,”tandasnya. (via)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

DPRD Kota Paripurnakan Hasil Fasilitasi Gubernur

DPRD Kota

Miliki Perda, Potensi Wisata Diharapkan Berkembang

DPRD Kota

Legislator Minta Pemkot Palangka Raya Perhatikan Perawatan Fasum

DPRD Kota

Dewan Sampaikan Hasil Reses Secara Virtual

DPRD Kota

Dewan Minta Masyarakat Hargai Penyandang Disabilitas

DPRD Kota

Dewan Dorong Pemko Sentuh Pembangunan Kawasan Pinggiran

DPRD Kota

HUT ke-56, Pemko Harus Berbenah Disegala Sektor

DPRD Kota

Dewan Minta Pemerintah Segera Tangani Jalan Rajawali