Home / Pemkab Kobar

Kamis, 9 Desember 2021 - 20:06 WIB

Bupati Tinjau Pengungsi Korban Banjir Rob Kumai

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat berdialog dengan salah seorang pengungsi Rabu (8/12).

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat berdialog dengan salah seorang pengungsi Rabu (8/12).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Banjir rob yang melanda sejumlah desa di pesisir Kecamatan Kumai beberapa hari terakhir, memaksa ratusan warga harus mengungsi. Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban, Bupati Kobar Hj Nurhidayah meninjau para pengungsi korban banjir rob tersebut, Rabu (8/12/2021) kemarin.

Bupati hadir ditengah pengungsi seraya memberikan semangat kepada pengungsi yang ada dan sekaligus memberikan bantuan kepada para korban.

“Musibah ini dampak dari  perubahan cuaca yang mengakibatkan daerah pesisir pantai, dilanda hujan disertai angin kencang dan gelombang.  Kejadian ini mulai dari Kota Kumai, sampai ke Sungai Cabang dan ini di Sabuai Barat,”ungkap Bupati.

Baca Juga :  Kuota Vaksin Bagi Guru di Kobar Belum Tersedia

Sesuai dengan keterangan sejumlah Kades, hampir kurang lebih 70 tahun terakhir, baru pertama ini banjir rob cukup besar terjadinya.

“Tentunya langkah-langkah antisipasi dari pemerintah baik jangka pendek maupun jangka panjang, saat ini kita sudah memetakan terutama daerah-daerah atau wilayah-wilayah yang aman jika terjadi kondisi kedaruratan khususnya untuk relokasi para masyarakat yang memang betul-betul terdampak yang saat ini sudah kita lakukan,”ujar Nurhidayah.

Baca Juga :  Ini Cara Pemkab Kobar Cegah Penyebaran Virus Corona

Untuk jangka panjang, tentunya dilakukan pembangunan alat pemecah atau penahan ombak sehingga tidak terjadi abrasi lagi. Disamping itu mengupayakan dengan cara alami yakni menanam mangrove.

“Sebab, mangrove ini punya kelebihan kelebihannya, salah satunya juga untuk menahan abrasi dan juga menahan gelombang laut yang mungkin itu gelombangnya bisa membahayakan keselamatan masyarakat,”tandasnya. (yr)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kobar

Bupati Minta Pengcab Jaring Atlet Bermental Juara

Kobar

Dinkes Kobar Buat Bilik Pengaman Saat Rapid Test

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Kaji Smart City ke Pemkot Semarang

Pemkab Kobar

Istana Alnursari Diresmikan Sebagai Rumah Peradaban

Pemkab Kobar

Kesbangpol Kobar Susun Naskah Akademik Raperda P4GN-PN

Pemkab Kobar

Bupati Tegaskan Aparatur Pemerintah Jangan Gunakan Hotel Penunggak Pajak

Pemkab Kobar

DLH Kobar Sosialisasi Peran Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah

Pemkab Kobar

Wabup Ahmadi Riansyah Apresiasi Perusahaan Salurkan Bansos Lewat Pemerintah Daerah