Home / DPRD Barito Selatan

Selasa, 23 November 2021 - 10:25 WIB

Pemkab Barsel Diminta Jaga Aset Daerah

Buntok,Kaltengekspres.com – Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan (Barsel), H Zainal Khairudin meminta pemerintah Kabupaten setempat untuk selalu menjaga dan mengamankan, serta memelihara lahan dan bangunan milik daerah.

“Hal itu perlu kita sampaikan karena , sesuai informasi yang kita terima, saat ini masih ada diduga bangunan masyarakat yang berdiri di lahan pemerintah,” kata H Zainal Khairudin kepada awak media,Senin (22/11/2021).

Ia mengatakan, pemerintah harus menjaga, mengamankan, dan memelihara aset daerah tersebut dengan menginventarisasi terutama lahan dan bangunan yang masih dikuasai atau dipakai tidak sesuai peruntukannya.

Baca Juga :  Wakil Ketua Komisi III DPRD Barsel Imbau Masyarakat Waspada Kebakaran

Ia mencontohkan rumah dinas yang masih dipakai pegawai negeri sipil (PNS) yang sudah pensiun maupun lahan-lahan yang digunakan masyarakat.

“Kalau lahan dan bangunan tersebut sudah diinventarisasi agar segera dibuatkan surat menyuratnya seperti sertifikat, sehingga ada legalitasnya,” katanya.

Dia mendengar desas-desus ada salah satu bangunan guest house milik masyarakat di Jalan Pahlawan Atas yang diindikasi sebagian bangunannya berdiri di atas tanah milik pemerintah daerah.

“Jadi kami harapkan kepada dinas berkait untuk sesegera mungkin mencek kebenaran mengenai informasi tersebut dan mengukurnya di lapangan,” katanya.

Baca Juga :  Komisi II DPRD Barsel Minta Perbaikan Drainase

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Barito Selatan ini menambahkan, dengan dijaganya aset-aset tersebut akan menambah pendapatan asli daerah terhadap tanah dan toko/kios yang disewakan kepada pihak ketiga.

Demikian juga dengan kendaraan dinas harus diinventarisasi agar penggunaanya sesuai aturan yang berlaku.

“Apabila ada kendaraan atau barang-barang yang tidak layak pakai segera koordinasi ke bagian pelelangan kekayaan negara untuk dilelang untuk menambah pendapatan daerah,” tutupnya. (rif).

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

Pemkab dan DPRD Sepakat KUA-PPAS Barsel 2023 Sebesar Rp1, 051 Triliun

DPRD Barito Selatan

Ketua Komisi III Apresiasi PDAM Tirta Barito Jalin Kerjasama Dengan Sejumlah Bank

DPRD Barito Selatan

Paripurna DPRD Barsel Setuju Dua Raperda

DPRD Barito Selatan

Pemkab Barsel Disarankan Lakukan Kajian Bencana Alam

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Harapkan Orang Tua Awasi Pergaulan Anaknya

DPRD Barito Selatan

Anggota DPRD Barsel Harapkan Generasi Muda Lestarikan Budaya Daerah

DPRD Barito Selatan

Dewan Apresiasi PDAM Barsel Jalin Kerjasama Pembayaran Tagihan Rekening Dengan Sejumlah Bank

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Harapkan Penyerapan Anggaran Maksimal