Home / Pemkab Murung Raya

Rabu, 18 Oktober 2023 - 11:18 WIB

Dispursip Mura Tinjau Perpustakan Desa Bahitom dan Danau Usung

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Murung Raya (Mura) tinjau Perpustakaan yang ada Desa Bahitom dan Danau Usung yang berbasis inklusi sosial, Rabu (18/10/2023).

Transformasi perpusatakaan Desa berbasis inklusi sosial artinya adalah kondisi masyarakat dapat berpartisipasi dalam pendidikan dan kegiatan ekonomi, dimana warga tidak hanya membaca buku tetapi mereka menggunakan perpustakaan Desa untuk pusat pendidikan dan pengembangan usaha masyarakat.

Dalam hal ini, Kepala Dispursip Mura, M.Syahrial Pasaribu menjelaskan bahwa Perpustakaan Desa yang pertama mereka kunjungi adalah Desa Bahitom, terlihat karya yang berhasil dibuat lalu ditampilkan oleh masyarakat pada pertemuan tersebut seperti beberapa diantaranya lukisan, Lanjung (tas panggul) yang terbuat dari rotan, mandau, wadi (ikan fermentasi), kripik singkong dan jahe bubuk.

Baca Juga :  Lestarikan Budaya Daerah, Ini Pesan Pj Bupati Mura

Kemudian kedua Perpustakaan Desa Danau Usung karya yang berhasil dibuat oleh masyarakat berupa lawung, sumping (ikat kepala khas suku dayak), tapih bawi (seperti tapih/kain pantai bali, namun bermotifkan ciri khas suku dayak yang dibuat antara kolaborasi batik cap dan tulis) lalu sabun cuci piring, kopi tumbuk, obat tradisional, kripik pisang dan masih banyak lagi.

“Kami sangat mengapresiasi atas karya – karya yang berhasil dibuat oleh masyarakat di Perpustakaan Desanya masing – masing, tentu hal ini perlu dipertahankan dan di kembangkan lebih lanjut karena berdampak positif dalam meningkatkan sumber daya masyarakat serta roda perekonomian,” terang Syahrial Pasaribu.

Baca Juga :  KUWT Bahitom Dilatih Membuat Produk Aman dan Halal

Selain itu, terhadap Pemerintah Desa dan pembina atau pengurus Perpustakaan Desa yang juga hadir dalam pertemuan itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga berpesan agar kedua pihak tersebut selalu mensuport kegiatan masyarakat di Perpustakaan Desa agar lebih berkembang dan maju lagi.

Disisi lain terdapat juga buku yang serahkan oleh Kadispursip Murung Raya kepada masing – masing pengurus Perpustakaan Desa Bahitom dan Desa Danau Usung.(rian)

Share :

Baca Juga

Pemkab Murung Raya

Sekda Buka Pelatihan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Pemkab Murung Raya

55 Anggota Paskibraka Mura Dikukuhkan

Pemkab Murung Raya

APBD Perubahan Mura Tahun 2022 Disahkan

Pemkab Murung Raya

DKP Mura Tinjau Program KWT Desa Danau Usung

Pemkab Murung Raya

Pemkab Mura Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

Pemkab Murung Raya

1.248 Mahasiswa Mura Dapat Bantuan Biaya Pendidikan

Pemkab Murung Raya

Pj Bupati Lepas 4 Kafilah Mura Ikuti FSQ Nasional 

Pemkab Murung Raya

Batita Stunting Perlu Perhatian Serius