Home / DPRD Murung Raya

Jumat, 5 Mei 2023 - 18:10 WIB

Kepala Adat Harus Miliki Wawasan Dalam Melaksanakan Perannya

Ketua DPRD Mura Doni.

Ketua DPRD Mura Doni.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Ketua DPRD Murung Raya (Mura), Dr.Doni, SP, M.Si berharap agar setiap Kepala Adata atau Damang terus meningkatkan wawasannya dan menguasai bidang tentang hukum adat, mengingat mereka memiliki peran yang sangat penting dalam setiap penyelesaian masalah yang terkait dengan masalah-masalah sengketa Adat.

“Hal ini diaplikasikan melalui penyelesaian setiap perkara yang selalu difasilitasi oleh para Tokoh atau Pemuka Adat dan Lembaga Adat untuk mencapai kata mufakat melalui musyawarah dilakukan secara kekeluargaan,” ucap Doni, Jumat (5/5/2023).

Baca Juga :  Pentingnya PAUD , Ini Kata Dewan Mura

Oleh sebab itu, setiap kepala adat diharapkan terus menggali dan menambah wawasan serta berkembang secara aktif tentang bagaimana posisi hukum adat dan mendukung terselenggaranya peraturan perundang-undangan nasional.

“Dengan mengupayakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang kritis, kreatif dan inovatif serta saling menghargai, rukun dan bersatu terhadap seluruh komponen dalam hal perbedaan agama, suku, partai politik, profesi, status sosial dan ekonomi,”jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, tugas terpenting bagi Damang harus mampu menciptakan suasana kondusif agar terpeliharanya kebhinekaan adat dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa serta terus berupaya mengatasi segala hambatan dengan mencari solusi terbaik demi keberhasilan pelaksanaan tugas.

Baca Juga :  Dewan Dorong Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru

“Penting untuk kita cermati bersama, mengingat bahwa dalam penyelesaian konflik permasalahan adat yang terjadi, selain di dasari atas hukum adat yang berlaku yang selama ini telah dijadikan sebagai dasar pemberlakuan hukum adat yang bersikap adil, netral, arif dan bijaksana dari para tokoh atau pemuka adat,”pungkasnya. (syah)

Share :

Baca Juga

DPRD Murung Raya

Fraksi PKB Minta Pemda Awasi PKL yang Berjualan di Alun-alun

DPRD Murung Raya

Dewan Ingatkan Pemkab Untuk Optimis Terhadap Target PAD

DPRD Murung Raya

Jelang Pemilu 2024, Dewan Imbau ASN Mura Netral

DPRD Murung Raya

Dewan Harapkan Eksekutif Terus Sinergi

DPRD Murung Raya

Layanan Pendidikan di Pelosok Jangan Diabaikan

DPRD Murung Raya

Terjaganya Iklim Investasi Salah Satu Pemicu Kenaikan APBD Murung Raya 2023

DPRD Murung Raya

Bapemperda Targetkan 3 Usulan Raperda Tuntas Dibahas 

DPRD Murung Raya

Dewan Mura: Waspada Penularan dan Bahaya HIV-Aids