Home / DPRD Murung Raya

Jumat, 5 Mei 2023 - 18:10 WIB

Kepala Adat Harus Miliki Wawasan Dalam Melaksanakan Perannya

Ketua DPRD Mura Doni.

Ketua DPRD Mura Doni.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Ketua DPRD Murung Raya (Mura), Dr.Doni, SP, M.Si berharap agar setiap Kepala Adata atau Damang terus meningkatkan wawasannya dan menguasai bidang tentang hukum adat, mengingat mereka memiliki peran yang sangat penting dalam setiap penyelesaian masalah yang terkait dengan masalah-masalah sengketa Adat.

“Hal ini diaplikasikan melalui penyelesaian setiap perkara yang selalu difasilitasi oleh para Tokoh atau Pemuka Adat dan Lembaga Adat untuk mencapai kata mufakat melalui musyawarah dilakukan secara kekeluargaan,” ucap Doni, Jumat (5/5/2023).

Baca Juga :  Bapemperda Targetkan 3 Usulan Raperda Tuntas Dibahas 

Oleh sebab itu, setiap kepala adat diharapkan terus menggali dan menambah wawasan serta berkembang secara aktif tentang bagaimana posisi hukum adat dan mendukung terselenggaranya peraturan perundang-undangan nasional.

“Dengan mengupayakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang kritis, kreatif dan inovatif serta saling menghargai, rukun dan bersatu terhadap seluruh komponen dalam hal perbedaan agama, suku, partai politik, profesi, status sosial dan ekonomi,”jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, tugas terpenting bagi Damang harus mampu menciptakan suasana kondusif agar terpeliharanya kebhinekaan adat dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa serta terus berupaya mengatasi segala hambatan dengan mencari solusi terbaik demi keberhasilan pelaksanaan tugas.

Baca Juga :  Pelantikan Liangsoi Sebagai PAW DPRD Mura Tinggal Menunggu Jadwal

“Penting untuk kita cermati bersama, mengingat bahwa dalam penyelesaian konflik permasalahan adat yang terjadi, selain di dasari atas hukum adat yang berlaku yang selama ini telah dijadikan sebagai dasar pemberlakuan hukum adat yang bersikap adil, netral, arif dan bijaksana dari para tokoh atau pemuka adat,”pungkasnya. (syah)

Share :

Baca Juga

DPRD Murung Raya

Ketua DPRD Mura Hadiri Musda ke V Muhammadiyah

DPRD Murung Raya

Ajak Masyarakat Pelihara Taman Sapan 

DPRD Murung Raya

Wakil Ketua DPRD Mura Bagikan 550 Paket Sembako PKB

DPRD Murung Raya

DPRD Mura Serap Aspirasi Penambang Lokal dan Pengusaha Pembeli Emas

DPRD Murung Raya

Dewan Mura Pastikan Untuk  Kawal Program Pendidikan

DPRD Murung Raya

Dewan Dukung Kebijakan Tarif Rapid Test Rp 150 Ribu

DPRD Murung Raya

Mayoritas Warga Makunjung Harapkan Akses Jalan Tembus Kota

DPRD Murung Raya

Dewan Mura Minta Perusahaan Pahami Kebutuhan Desa Binaan