Home / Pemkab Kapuas

Selasa, 28 Februari 2023 - 16:23 WIB

Festival TMPT Bakal Meriahkan HUT Kapuas ke 72

Plt Disbudpora Kabupaten Kapuas Agusthe, S.Sos  saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (28/2). (Foto : Sofyan)

Plt Disbudpora Kabupaten Kapuas Agusthe, S.Sos saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (28/2). (Foto : Sofyan)

KUALA KAPUAS, Kaltengekspres.com – Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Kapuas yang ke 72 dan hari jadi kota Kuala Kapuas ke 217, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas bakal mengadakan berbagai lomba. Salah satunya Festival Tingang Menteng Panunjung Tarung (TMPT)

Plt Disbudpora Kabupaten Kapuas Agusthe, S.Sos mengatakan, pada tahun 2023 ini Disbudpora Kabupaten Kapuas mengadakan Festival TMPT. Festival ini dilaksanakan pada pertengahan Maret 2023 nanti, sekaligus dalam rangka HUT Kabupaten Kapuas ke 72 dan HUT kota Kuala Kapuas yang 217.

Baca Juga :  Lurah Selat Barat Apresiasi Bantuan DLH

Adapun dalam festival TMPT ini lanjut dia, meliputi Lomba Jagau Linga- Bawi Kameloh , menyipet, karungut, tarian pedalaman, kuntaw (Lawang Sakepeng), balogo, bagasing.

“Itu semua adalah budaya atau permainan tradisional yang harus kita lestarikan dan kembangkan. Sebenarnya masih banyak olahraga atau permainan tradisional lainnya yang bisa diperlombakan namun karena keterbatasan dana maka tidak semuanya bisa kita laksanakan,” ujarnya diruang kerjanya, Senin (28/2/2023).

Baca Juga :  Peringati HUT Kapuas, DPRD dan Pemkab Gelar Paripurna

Dijelaskannya, bahwa lomba ini diikuti 17 Kecamatan se Kabupaten Kapuas dan dilaksanakan di Kuala Kapuas. Untuk tari Pesisir dan Karungut diadakan GOR Panunjunng Tarung, sedangkan lomba lainnya dilaksanakan di lapangan stadion Panunjung Tarung.

“Kegiatan dijadwalkan dimulai pada tanggal 12 Maret – 18 Maret 2023. Selain itu nanti juga akan ada upacara ritual Mamapas Lewu dan Laluhan,”tandas Agusthe. (sofyan)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kapuas

Bupati Kapuas Panen Raya di Desa Pulau Kaladan

Pemkab Kapuas

Ben Minta Masyarakat Jangan Percaya Akun Palsu

Pemkab Kapuas

Bupati Kapuas Minta Budaya Daerah Terus Dijaga

Pemkab Kapuas

Pj Bupati Kapuas Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

Pemkab Kapuas

38 Kafilah Kapuas Dipersiapkan Mengikuti MTQ tingkat Kalteng

Pemkab Kapuas

Pemkab Kapuas Raih Dua Rekor MURI

Pemkab Kapuas

Ben Motivasi Kontingen Pesparawi Kapuas

Pemkab Kapuas

Pemkab Kapuas Ikuti Rakordal Inflasi Mendagri Secara Virtual