Home / Pemkab Kapuas

Selasa, 28 Februari 2023 - 16:23 WIB

Festival TMPT Bakal Meriahkan HUT Kapuas ke 72

Plt Disbudpora Kabupaten Kapuas Agusthe, S.Sos  saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (28/2). (Foto : Sofyan)

Plt Disbudpora Kabupaten Kapuas Agusthe, S.Sos saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (28/2). (Foto : Sofyan)

KUALA KAPUAS, Kaltengekspres.com – Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Kapuas yang ke 72 dan hari jadi kota Kuala Kapuas ke 217, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas bakal mengadakan berbagai lomba. Salah satunya Festival Tingang Menteng Panunjung Tarung (TMPT)

Plt Disbudpora Kabupaten Kapuas Agusthe, S.Sos mengatakan, pada tahun 2023 ini Disbudpora Kabupaten Kapuas mengadakan Festival TMPT. Festival ini dilaksanakan pada pertengahan Maret 2023 nanti, sekaligus dalam rangka HUT Kabupaten Kapuas ke 72 dan HUT kota Kuala Kapuas yang 217.

Baca Juga :  Terkait Virus Korona, Bupati Kapuas Tunda Acara Peringati HUT Kapuas

Adapun dalam festival TMPT ini lanjut dia, meliputi Lomba Jagau Linga- Bawi Kameloh , menyipet, karungut, tarian pedalaman, kuntaw (Lawang Sakepeng), balogo, bagasing.

“Itu semua adalah budaya atau permainan tradisional yang harus kita lestarikan dan kembangkan. Sebenarnya masih banyak olahraga atau permainan tradisional lainnya yang bisa diperlombakan namun karena keterbatasan dana maka tidak semuanya bisa kita laksanakan,” ujarnya diruang kerjanya, Senin (28/2/2023).

Baca Juga :  Bupati Kapuas Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan

Dijelaskannya, bahwa lomba ini diikuti 17 Kecamatan se Kabupaten Kapuas dan dilaksanakan di Kuala Kapuas. Untuk tari Pesisir dan Karungut diadakan GOR Panunjunng Tarung, sedangkan lomba lainnya dilaksanakan di lapangan stadion Panunjung Tarung.

“Kegiatan dijadwalkan dimulai pada tanggal 12 Maret – 18 Maret 2023. Selain itu nanti juga akan ada upacara ritual Mamapas Lewu dan Laluhan,”tandas Agusthe. (sofyan)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kapuas

Kapolres Kapuas Gelar Coffee Morning Bersama Diskominfo dan Insan Pers

Pemkab Kapuas

Tekan Inflasi, Pj Bupati Kapuas Buka Pasar Murah

Pemkab Kapuas

BPBD Kapuas Ingatkan Warga Bahaya Bencana Alam

Pemkab Kapuas

Satpol PP Kapuas Tertibkan IMB dan Reklame 

Pemkab Kapuas

Ratusan Pegawai PUPRPKP Kapuas Divaksinasi

Pemkab Kapuas

Ben Brahim Ajak Masyarakat Bergandengan Tangan

Pemkab Kapuas

Dinkes Kapuas Gelar Bimtek Penyuluhan Keamanan Pangan

DPRD Kapuas

Plt Bupati Kapuas Terima Rekom Pansus LKPj 2022