Home / Pemko Palangka Raya

Rabu, 10 Maret 2021 - 14:58 WIB

Dishub Minta Transportasi Online Diuji KIR

Kepala Dishub Kota Palangka Raya, Alman Pakpahan

Kepala Dishub Kota Palangka Raya, Alman Pakpahan

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya, Alman Pakpahan meminta kepada seluruh pelaku usaha jasa transportasi online, agar dapat melakukan uji berkala atau uji KIR.

Pasalnya, berdasarkan undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), khususnya dalam pasal 53 ayat 1 disebutkan, jika uji berkala wajib dilakukan untuk mobil penumpang umum dan mobil barang, bus, mobil berkereta gandengan dan tempel yang beroperasi di jalan.

Baca Juga :  Masyarakat Diajak Sukseskan Regsosek 2022

“Sekalipun dalam sistem transportasi online menggunakan kemitraan antara manajemen dan pengendara serta kendaraan pribadi sebagai transportasi, akan tetapi harus tetap mengikuti uji KIR sebagaimana yang diatur dalam UU 23/2009 tersebut,” katanya, Rabu (10/3/2021)

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini telah banyak platform-platform digital yang menyediakan jasa transportasi berbasis online, yang memberikan kemudahkan bagi masyarakat dalam mendapatkan layanan antar jemput penumpang. Akan tetapi hal tersebut harus tetap memperhatikan sejumlah prosedur untuk tetap memberikan keamanan bagi para penumpang.

Baca Juga :  Pemko Palangka Raya Raih WTP Kelima Kalinya

Bahkan, sebelumnya pihaknya telah berkoordinasi bersama pengelola jasa transportasi online, untuk melakukan uji KIR kepada seluruh mitranya. Namun hingga saat ini belum ada tindaklanjut dari pihak terkait.

“Pada satu sisi kami juga khawatir, andaikata terjadi kecelakaan lalu lintas saat kendaraan online mengangkut penumpang, namun kendaraan tersebut tidak dibekali bukti lulus uji KIR, maka proses klaim asuransi Jasa Raharja akan sangat sulit,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

Pemko Palangka Raya

Kerajinan Lokal Perlu Dikembangkan

Pemko Palangka Raya

Pemko Palangka Raya Resmi Berlakukan PPKM

Pemko Palangka Raya

Pemko Siapkan Operasi Pasar

Pemko Palangka Raya

Palangka Raya dan Kotim Jadi Pusat Program Pangan Nasional

Pemko Palangka Raya

Kontingen FBIM Palangka Raya Diminta Maksimal Bersaing

Pemko Palangka Raya

Kelurahan Kereng Dukung Program DAK Integritas

Pemko Palangka Raya

Wali Kota Tinjau Operasi Pasar Murah

Pemko Palangka Raya

700 Bangunan Sarang Walet Telah Memiliki Izin