Home / DPRD Provinsi Kalteng

Jumat, 28 Agustus 2020 - 13:20 WIB

Tingkatkan SDM Masyarakat Melalui Dana Desa

Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng Kuwu Senilawati. Foto : Ra

Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng Kuwu Senilawati. Foto : Ra

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dana Desa (DD) dinilai tidak hanya dapat digunakan untuk memaksimalkan sarana dan prasarana di Desa saja. Namun juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk bisa bersaing di tingkat nasional.

Hal tersebut diungkapkan oleh Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Kuwu Senilawati, saat dikonfirmasi melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp, Jum’at (28/8/2020).

“Saya rasa penggunaan Dana Desa sekarang kurang maksimal ya. Memang penting untuk meningkatkan sarana dan prasarana di Desa itu, tetapi kita juga tidak boleh melupakan kualitas SDM kita di daerah,” kata Kuwu.

Baca Juga :  DPRD Kalteng Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir

Lebih lanjut dirinya mencontohkan, Pemerintah Desa dapat menggunakan DD dengan membuat pelatihan keterampilan, dan membantu anak-anak yang putus sekolah untuk mengambil jalur paket C. Sehingga masyarakat yang berada di Desa, dapat bersaing dengan masyarakat luar dalam hal mencari pekerjaan atau membuat suatu karya untuk dijual.

“Program yang menyasar pada kebutuhan masyarakat seperti itulah, yang dirasa mampu memberikan dampak pada kemajuan pola pikir dan keinginan pemerintah, dalam peningkatan daya kemandirian agar segera tercapai,” ucapnya.

Baca Juga :  Rombongan Anggota DPRD Kalteng Dapil II Reses di Desa Terpencil di Kotim

Sekretaris komisi III itu berharap, dengan adanya upaya penggunaan Dana Desa yang lebih maksimal, hal tersebut dapat menciptakan suatu Desa yang mandiri. Sehingga kualitas kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. (Ra)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Semua publikasi berita yang diterbitkan media Kalteng Ekspres.com, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi.

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Raperda Cagar Budaya dan DAS Dibahas

DPRD Provinsi Kalteng

Sosialisasi Program TORA Perlu Digalakkan 

DPRD Provinsi Kalteng

Sosialisasi Bahaya Narkoba Harus Lebih Gencar

DPRD Provinsi Kalteng

Kalteng Masih Kekurangan Pengawas Perikanan Laut

DPRD Provinsi Kalteng

UMK Harus Menyesuaikan Kondisi Daerah

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Susun Rekomendasi LHP BPK

DPRD Provinsi Kalteng

Program Penebaran Benih Ikan Harus Gencar

DPRD Provinsi Kalteng

Panyaluran Bantuan Korban Banjir Harus Merata