Home / DPRD Provinsi Kalteng

Kamis, 29 Juli 2021 - 14:40 WIB

Dewan Minta Pengawasan Prokes di Desa Diperketat

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Duwel Rawing meminta kepada pemerintah agar memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan (Prokes) di pelosok daerah.

Pasalnya, berdasarkan pantauan pihaknya saat melakukan kunjungan kerja maupun reses ke sejumlah kabupaten, kerap ditemukan ada masyarakat yang lalai dalam menerapkan prokes.

“Penegakkan disiplin di desa-desa yang jauh itu kalau saya lihat itu pengawasannya masih lemah. Saya beberapa kali lihat, pesta nikah saja bisa dirayakan selama tiga hari. Sedangkan di kota saja kan setengah hari, kalau ini di desa bisa sampai malam hari,” katanya, Kamis (29/7/21).

Baca Juga :  Pantau Harga Sembako Jelang Nataru

Politikus Partai PDI Perjuangan ini mengatakan, harusnya sosialisasi terkait penerapan prokes tidak hanya digencarkan di perkotaan saja. Namun juga dapat menjangkau wilayah pelosok desa. Sebab, minimnya jaringan listrik serta internet, menjadi kendala bagi masyarakat dalam mengakses informasi.

“Kita tidak tahu apakah mereka yang berada di desa jauh dari kota ini mengetahui aturan yang tengah dilaksanakan, atau seperti benar-benar tidak mengetahuinya. Yang pasti ini perlu mendapat perhatian dari pemerintah,” terangnya.

Baca Juga :  DPRD Kalteng Gelar Rapat Paripurna Secara Virtual

Jika hak tersebut dibiarkan, bukan hal yang tidak mungkin, penyebaran covid-19 di wilayah pedesaan, dapat meningkat. Untuk itu, pemerintah harus dapat segera bertindak, agar kedepan tidak menjadi kluster baru penyebaran covid-19.

“Kalau ini dibiarkan, nanti justru pemerintah sendiri yang kewalahan menanganinya. Untuk itu perlu adanya sosialisasi yang menyasar langsung kepada masyarakat, sehingga mereka ini dapat mengerti apa yang boleh dilakukan dan tidak,”tandasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Apresiasi Kepatuhan Warga Terhadap PPKM Mikro

DPRD Provinsi Kalteng

Program Ekonomi Terpadu Harus Sesuai RPJMD

DPRD Provinsi Kalteng

Perusahaan Tambang Diingatkan Tak Abaikan Kewajiban

DPRD Provinsi Kalteng

Penyelenggara Harus Kerja Ekstra Dalam Pilkada 2020

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Minta Pergub Dalkarla Segera Diterbitkan

DPRD Provinsi Kalteng

Edukasi Dampak Penyalahgunaan Narkoba Perlu Ditingkatkan

DPRD Provinsi Kalteng

Desa Langgah Perlu Perhatian Pemerintah

DPRD Provinsi Kalteng

Infrastruktur Jembatan-Jalan di Kotim dan Seruyan Perlu Perbaikan