Home / DPRD Barito Selatan

Selasa, 2 Juni 2020 - 15:11 WIB

Politisi PDIP Ini Ajak Warga Amalkan Pancasila Dalam Kehidupan

BUNTOK,KaltengEkspres.com – Pancasila merupakan asas kehidupan berbangsa dan bernegara, oleh karena itu, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Ensilawatika Wijaya mengajak seluruh masyarakat, agar hendaknya Pancasila dipahami dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari selaku warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia membeberkan, bahwa kelahiran Pancasila merupakan dasar berdirinya bangsa Indonesia. Sehingga penting bagi setiap warga negara untuk memaknai dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, bertujuan untuk memantapkan makna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat.

“Denga alasan tersebutlah, mengapa setiap Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila,” ucapnya kepada awak media, Senin (1/6/2020).

Baca Juga :  Dewan Sesalkan Lambatnya Perbub SPPD dan TPP

Dijelaskan Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barsel ini, Pancasila merupakan ideologi dasar negara Indonesia yang terdiri dari dua kata yang diambil dari bahasa sansekerta, yaitu ‘Panca’ berarti “lima” dan ‘Sila’ yang mengandung makna prinsip atau asas.

“Bisa disimpulkan bahwa Pancasila merupakan lima rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia,”

“Untuk itu, mari bersama-sama kita pahami dan amalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ajaknya.

Masih dikatakan wanita yang akrab disapa Ensi itu, pentingnya pengamalan Pancasila dalam kehidupan sendiri, merupakan bagian dari upaya bersama menjaga kokohnya kedaulatan NKRI.

Baca Juga :  DPRD Minta Bupati Barsel Evaluas Kinerja Baperjakat

Dengan adanya pemahaman dan pengamalan Pancasila yang kuat dari masing-masing individu warga negara, diyakini Ensi mampu menjadi tembok besar yang menjaga keutuhan NKRI, sehingga tidak akan mampu dihoyahkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab, baik dari dalam maupun luar.

“Oleh karena itu, ayo kita jaga semangat Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara demi keutuhan NKRI. Jangan mudah terpecah belah akibat adu domba pihak lainnya,” tandasnya.(rif)

 

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

DPRD Sebut Pemkab Barsel Terlalu Kecilnya Anggarkan Dana Covid-19

DPRD Barito Selatan

Komisi III DPRD Barsel RDP Dengan BPBD 

DPRD Barito Selatan

Dewan Barsel Ajak Masyarakat Tangkal Hoax

DPRD Barito Selatan

Masyarakat Ikut Berperan dalam Pengawasan

DPRD Barito Selatan

Pemilihan Anggota BPD Barsel Harus Patuhi Prokes

DPRD Barito Selatan

Dewan Barsel Ajak Semua Elemen Jaga Aset Daerah 

DPRD Barito Selatan

Dewan Barsel Ingatkan Warga Bahaya Banjir

DPRD Barito Selatan

Legislator ini Sarankan Kuasa Pertambangan Berizin Terdata
error: Content is protected !!