Home / DPRD Kobar

Selasa, 30 Juni 2020 - 14:55 WIB

Dewan Dukung Pemekaran Desa Potensial

Anggota DPRD Kobar Tuslam Amirudin.

Anggota DPRD Kobar Tuslam Amirudin.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Tuslam Amirudin mendukung adanya pemekaran desa di Kabupaten Kobar. Terutama  desa yang berpotensi al untuk  dimekarkan.

“Pemekaran desa ini perlu kita dukung, karena ke depan ada wacana pembentukan provinsi di wilayah Barat Kalteng ini, yang tentu saja bisa terjadi pemekaran kabupaten baru di wilayah Kobar,”ungkap Tuslam  Selasa (30/6/2020).

Saat ini lanjut dia, sdh diresmikan dua desa persiapan dimekarkan yakni Desa Karang Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng, menjadi Desa Mulya Raya dan Sumber Sari.

Baca Juga :  Kerusakan Jembatan Desa Ipuh Segera Diperbaiki

“Harapan kita, akan segera mnyusul pemekaran desa di Pandu Senjaya, Desa Pasir Panjang serta beberapa desa di  Kecamatan Kumai, misalnya Desa Kapitan dan Kumai Hulu,”ujar Tuslam.

Tuslam menjelaskan, dengan adanya pemekaran desa baru hasil pemekaran di Kecamatan Pangkalan Banteng ini nantinya, diharapkan  agar pemerintah daerah   menyediaan beberapa fasilitas umum seperti bidang pendidikan dan kesehatan, berupa sekolah dan puskesmas/pustu.

“Kita juga sudah menyerap aspirasi  masyarakat dapil 3 ini. Aspirasi mereka akan kita jadikan sebagai bahan dalam penyampaian hasil reses nantinya. Karena itu saya berharap agar penetapan desa persiapan menjadi definitif tidak  berlama lama. Jika desa pemekaran sudah  berkembang, maka yakinlah, percepatan dan pemerataan  pembangunan bisa terwujud,”paparnya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Dukung Kobar Masuk Nominasi PPD

Pada kesempatan ini ia mengimbau kepada para stakeholders, terutama di desa yang  potensial untuk dimekarkan tidak  perlu khawatir dengan  adanya pemekaran. Sepanjang untuk  kepentingan daerah dan kesejahteraan rakyat.

“Karena pemekaran menjadi hal yang penting dilakukan. Apalagi di saat sekarang, pasca dibukanya moratorium pemekaran,” tandasnya. (wir)

Share :

Baca Juga

DPRD Kobar

Perlu Sinergi Membangunan Daerah

DPRD Kobar

Keterwakilan Perempuan Dinilai Masih Minim

DPRD Kobar

Dewan Imbau PKL depan Pelabuhan Kumai Ditertibkan

DPRD Kobar

Dewan Dukung Desa Tingkatkan SDM Masyarakat

DPRD Kobar

DPRD Kobar Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Hasil Rapat Gabungan

DPRD Kobar

Inventaris Perusahaan Berizin di Kobar

DPRD Kobar

Dewan Minta Masyarakat Turut Andil Cegah Karhutla

DPRD Kobar

Dewan Harapkan Program Pendidikan dan Kesehatan Jadi Prioritas