Dewan Imbau PKL depan Pelabuhan Kumai Ditertibkan

Lapak PKL yang dipasang di depan Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Maraknya pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di depan Pelabuhan Panglima Utar Kumai Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), menjadi perhatian serius Anggota DPRD Kobar Rahmad Sos.

Karena itu ia mengimbau kepada instansi terkait agar segera menertibkan PKL tersebut, karena dinilai keberadaannya menganggu aktivitas para penumpang yang mudik lebaran.

Menurut Rahmad, para PKL yang berjualan depan pelabuhan ini sebenarnya sudah berkali-kali diperingatkan. Bahkan sudah menjadi perhatian baik pemerintah dengan pihak PT Pelindo beberapa tahun sebelumnya, denga diberikan pembinaan agar tidak lagi berjualan di lokasi tersebut.

“Saat diberi pembinaan itu para PKL sudah tak mangkal. Namun kini kembali mangkal lagi, kemungkinan PKL baru dan perlu pembinaan misalnya di berikan penyuluhan dan sosialisasi agar mereka bisa memahami dan mengerti bahwa berjualan di depan pelabuhan ini tidak dibenarkan,”ujar Rahmad.

Rahmad menuturkan, dengan adanya pembinaan dan sosialisasi ini setidaknya memberikan jalan keluarnya, misalkan diberi gerobak yang ada rodanya dan sebaiknya diberikan secara cuma-cuma agar mereka pindah tempat lain.

“Saya berharap harus ada solusi agar para PKL tak berjualan di lokasi tersebut melainkan ditata ditempat lainnya. Setidaknya jangan sampai dekat depan Pelabuhan Panglima Utar. Karena itu sangat menganggu, para pemudik,” tandasnya. (yus)