Home / Kobar / Pemkab Kobar

Senin, 24 Juni 2024 - 15:20 WIB

Usai Dilantik, 746 Pantarlih Kobar Siap Bekerja

Ketua KPU Kobar, Chaidir saat melaksanakan prosesi pelantikan Pantarlih di halaman Kantor KPU Kobar, Senin (24/6). (Foto : rindu)

Ketua KPU Kobar, Chaidir saat melaksanakan prosesi pelantikan Pantarlih di halaman Kantor KPU Kobar, Senin (24/6). (Foto : rindu)

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Sebanyak 746 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pilkada Serentak 2024, yang bertugas di enam kecamatan se-Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) resmi dilantik Senin (24/6).

Usai dilantik, mereka mengaku siap menjalankan tugasnya selama satu bulan kedepan. Acara pelantikan, khusus untuk Pantarlih yang lokasinya dekat dengan KPU Kobar seperti Kecamatan Arut Selatan dan Kecamatan Kumai dilaksanakan di halaman KPU Kobar, dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kobar Chaidir.

Sedangkan untuk Pantarlih di wilayah Kecamatan Pangkalan Lada, Pangkalan Banteng, Kotawaringin Lama dan Arut Utara dilantik di tempat-tempat dimana yang sudah ditentukan sesuai jangkauan pantarlih.

“Setelah dilantik mereka Pantarlih ini sudah resmi dan langsung bisa bekerja di wilayahnya masing-masing. Para petugas ini diberi tanda pengenal, berupa rompi dan topi. Kami mengharapkan seluruh masyarakat di Kobar dapat berperan aktif membantu dengan menerima kedatangan Pantarlih untuk dilakukan pencocokan dan penelitian data.” pinta Chaidir.

Baca Juga :  Puluhan Hektar Lahan di Kobar Terbakar

Kemudian Chaidir berpesan kepada seluruh Pantarlih di Kobar agar bekerja secara serius tidak asal-asalan. “Kami harapkan benar-benar terjun ke lapangan tidak hanya bertanya kepada ketua RT setempat saja. Amanat yang kami berikan harus benar-benar dijaga,” harapnya.

Chaidir menegaskan, sebagai komitmen petugas Pantarlih ini juga telah melakukan penandatanganan fakta integritas dengan harapan mampu menyajikan data yang valid agar pilkada yang dihasilkan juga berkualitas.

“Kalau datanya akurat dan valid maka pasti akan meningkatkan kualitas pelaksanaan Pilkada serentak 2024, baik pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur atau Bupati dan Wakil Bupati Kobar,” jelas Chaidir.

Baca Juga :  Angka Lakalantas di Kobar Menurun Dibandingkan Tahun Sebelumnya

Tingkat partisipasi diharapkan juga akan meningkat dengan coklit data yang akurat.

“Jadilah pahlawan demokrasi, tanamkan bahwa kita ini bekerja untuk bangsa, untuk daerah kita Kotawaringin Barat pada khususnya. Ketika pilkada menghasilkan pemimpin yang berkualitas, peduli dengan masyarakat maka betapa bangganya kita sebagai penyelenggara bisa bekerja secara maksimal dan bertanggung jawab,”ujarnya.

Usai acara pelantikan dilangsungkan apel bersama yang dipimpin ketua KPU Provinsi, Sastriadi. Apel ini menandai bahwa Pantarlih siap memulai bekerja. Setelah dikalungkan id card, kemudian penyematan topi dan pemakaian rompi Pantarlih Sastriadi memberikan semangat dan pesan kepada peserta apel.

“Jaga kesehatan, utamakan keselamatan dan bekerjalah dengan sebaik mungkin,” pintanya. (du)

Share :

Baca Juga

Kobar

Astaga!! Ruko di Desa Melawen Dilalap Sijago Merah

Kobar

Dua Pencuri Ponsel dan Laptop Diringkus Polisi 

Kobar

Diresmikan Bupati, RSUD Sultan Imanuddin Miliki IGD Terbesar di Kalteng

Kobar

Didor Polisi, Tiga Komplotan Curanmor Meringis Kesakitan

Kobar

Cari Dua Balita Tenggelam, Tim SAR Sisir Kawasan TKP

Kobar

Diduga Korban Tabrak Lari, Warga Pasir Panjang Tewas Bersimbah Darah

Kobar

Bupati Suport Calon Polisi Kobar

Kobar

Polres Kobar Gagalkan Peredaran 5,2 Kg Sabu dari Kalbar