Home / Barito

Sabtu, 18 Mei 2024 - 07:14 WIB

Satu Jasad Korban Tugboat Meledak Ditemukan Mengenaskan 

BUNTOK, KaltengEkspres.com – Satu dari delapan anak buah kapal (ABK) yang dilaporkan hilang pasca tragedi meledaknya tugboat batu bara dan kapal dagang di perairan Desa Kalanis, Kabupaten Barito Selatan berhasil ditemukan, Jumat (17/5/2024). Namun nahas, ABK berjenis kelamin laki-laki itu ditemukan sudah tak bernyawa dengan kondisi jasad penuh luka bakar.

Jasad ABK tersebut ditemukan oleh tim SAR gabungan dengan jarak sekitar 1,5 kilometer dari lokasi kejadian. Dari lokasi penemuan, jasad tersebut dievakuasi ke rumah sakit untuk dilakukan visum.

“Salah satu ABK yang dilaporkan hilang berhasil ditemukan namun sudah meninggal dunia,” kata Kepala Basarnas Palangka Raya AA Ketut Alit Supartana.

Alit menjelaskan, ditemukannya jasad ABK tersebut setelah tim SAR gabungan memperluas area penyisiran. Dimana melibatkan personel dari Inafis Polda Kalteng, Ditpolairud, BPBD Barsel, Koramil, KSOP dan masyarakat.

“Untuk korban lainnya yang belum ditemukan masih terus akan dlakukan pencarian,” terangnya.

Sekedar diketahui, insiden ledakan tugboat batu bara dan kapal dagang itu diduga saat ABK melakukan pemindahan terhadap muatan yang diduga berisi cairan mudah terbakar. Dugaan tersebut berdasarkan hasil penyelidikan sementara yang dilakukan Polda Kalteng.

Baca Juga :  Kapolres Barsel dan Dandim Turun Langsung Cek Ketersediaan Pangan dan Barang Di Lapangan

“Ledakan diduga terjadi saat ABK dari dua kapal tersebut sedang memindahkan muatan berisi bahan mudah terbakar,” kata Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto melalui Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol ErIan Munaji.

Erlan mengatakan, sebelumnya terjadinya kebakaran disusul ledakan, kedua kapal saling merapat. Pada saa itu ABK dari tugboat Surya 03 memindahkan muatan berisi cairan mudah terbakar ke kapal dagang Kapal Setya Baru 05.

“Saat proses memindahkan muatan itu tiba-tiba terjadi ledakan,” ucapnya.

Erlan menegaskan jika hal tersebut barulah dugaan karena sampai saat ini kepolisian dan pihak lainnya masih terus melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan penyebab ledakan.

“Proses penyelidikan masih terus dilakukan untuk mengungkap penyebab insiden tersebut,” tandasnya.

Sementara itu, tiga ABK tewas di lokasi kejadian dengan kondisi mengalami luka bakar parah dalam insiden yang terjadi pada Senin (13/5/2024) dini hari. Dua korban ditemukan dalam kondisi tak bernyawa dengan tubuh penuh luka bakar persis di dekat kapal yang berkobar. Sedangkan satu korban jiwa lagi meninggal meski sempat mendapat pertolongan.

Baca Juga :  Pratu Agrian Pimpin Apel Pagi Tim SSK TMMD Sebelum Bertugas

Dua korban jiwa yang ditemukan di TKP diketahui merupakan ABK dari tugboat Surya 03. Sedangkan satu korban jiwa yang sempat mendapatkan pertolongan merupakan ABK dari kapal dagang bernama Setya Baru 05.

Berdasarkan data yang diterima saat ini, untuk ABK dari tugboat batu bara Surya 03 berjumlah sembilan korban. Satu diantaranya berhasil diselamatkan oleh warga dan enam ABK lainnya sedang dalam pencarian.

Sementara untuk Kapal Setya Baru 05 diketahui terdapat lima ABK. Ttiga orang berhasil diselamatkan namun dilaporkan pada pukul 16.30 WIB, satu orang yang selamat dinyatakan meninggal diakibatkan luka bakar dan dua orang masih dalam proses pencarian. (ran)

Share :

Baca Juga

Barito

Bandar Licin Diringkus Polisi, Sempat Membuang Barbuk Sabu di WC

Barito

Idul Adha, Polres Bartim Potong 5 Ekor Sapi dan 4 Ekor Kambing

Barito

Awas..14 Hari, Satlantas Polres Barsel Bidik Pelanggar Lalin

Barito

Target TMMD Pembuatan Jalan Penghubung Desa Hampir Rampung

Barito

Asik Ngamar, Dua Pasangan Mesum Digaruk Polisi

Barito

Empat Komplotan Pelaku Gendam Asal Kalsel Diringkus Polisi

Barito

Luar Biasa Antusias Warga Sibung di TMMD Kodim Buntok

Barito

Jual Sabu, Pria Bertato Diringkus Polisi