Home / Pemprov Kalteng

Selasa, 7 Mei 2024 - 14:10 WIB

Pemprov Kalteng Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com  – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Badan Kesbangpol Kalteng menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Hotel Neo Palma, Palangka Raya, Selasa (7/5/2024). Rakor ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Nuryakin selakiu mewakili Gubernur Kalteng.

Sekda Kalteng Nuryakin saat menyampaikan sambutannya mengatakan , sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, menjadi Undang-Undang Pilkada Serentak Tahun 2024.

Yaitu, pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di 37 Provinsi, 508 Kabupaten/Kota yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024. Sedangkan untuk Provinsi Kalimantan Tengah diikuti oleh 13 Kabupaten dan 1 Kota.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Raih Penghargaan Reforma Agraria

“Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 telah ditetapkan melalui PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024,” katanya.

Menurutnya, Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 ini merupakan program strategis nasional, yang sama-sama dilaksanakan tahun 2024, oleh karena itu harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Pemilu jatuh di tanggal 14 Februari yang lalu, dan pilkada berlangsung beberapa bulan kemudian di tanggal 27 November 2024.

“Pemilu dilaksanakan untuk memilih Presiden, dan Wakil Presiden, serta legislative (DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, sedangkan Pilkada dilaksanakan untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota di seluruh Indonesia” ujar Sekda.

Baca Juga :  Bapemperda DPRD Kalteng Kunjungi Kemendagri

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Kalteng pada Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, lanjut Sekda, salah satunya dengan memastikan ketersediaan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024.

“Rakor ini ditujukan untuk memastikan kesiapan penyelenggara dalam melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2024, baik dukungan anggaran maupun penyiapan sarana dan prasarana, termasuk dukungan personil” bebernya.

Pada kesempatan ini Nuryakin berharap, Pilkada Serentak Tahun 2024 berjalan dengan aman, lancar dan tertib demi menjaga kerukunan dan keharmonisan masyarakat Kalimantan Tengah.

“Mari kita sukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 dengan bersama-sama untuk datang ke TPS masing-masing sesuai dengan DPT yang ada dan mari kita tingkatkan partisipasi pemilih,” tandasnya. (Ro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Nilai Transaksi di Kalteng Trade Expo Diharapkan Meningkat

Pemprov Kalteng

Gubernur Minta Pemko Palangka Raya Susun Peraturan Wali Kota

Pemprov Kalteng

Cek Kesehatan, Gubernur Kalteng Ikut Tes Swab

Pemprov Kalteng

Selama Kepemimpinan Sohib, Nilai UNBK Kalteng Alami Peningkatan

Pemprov Kalteng

April, Pembangunan Shrimp Estate Sukamara Mulai Digenjot

Pemprov Kalteng

Sekda Sebut Bencana Kabut Asap 2015 Harus Jadi Pelajaran

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Berharap Pengembangan Mangrove Dapat Mendukung Program PEN

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Siapkan Tiga Program Pencegahan Stunting