Home / DPRD Provinsi Kalteng / Pemprov Kalteng

Selasa, 2 April 2024 - 11:10 WIB

DPRD Kalteng dan Pemprov Sahkan Tiga Buah Raperda

Ketua DPRD Kalteng Wiyatno saat mengesahkan tiga buah raperda disaksikan Wagub Kalteng Edy Pratowo saat digelar rapat paripurna di DPRD setempat, Selasa (2/4). (Foto : asro)

Ketua DPRD Kalteng Wiyatno saat mengesahkan tiga buah raperda disaksikan Wagub Kalteng Edy Pratowo saat digelar rapat paripurna di DPRD setempat, Selasa (2/4). (Foto : asro)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalteng menggelar Rapat Paripurna ke-4 Masa persidangan I Tahun Sidang 2024 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kalteng, Selasa (2/4/2024). Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kalteng Wiyatno.

Agenda rapat ini Penandatanganan Persetujuan Bersama Gubernur Kalteng dengan DPRD Kalteng terhadap 3 Raperda Kalteng, yakni tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat Dayak di Kalteng, Daerah Aliran Sungai dan pembentukan dan susunan Perangkat Daerah Kalteng serta mendengarkan Pendapat akhir/Pidato Gubernur atas Penandatanganan Persetujuan Bersama Gubernur Kalteng dengan DPRD Kalteng terhadap 3 Raperda.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat membacakan Pidato Gubernur Kalteng mengatakan, Gubernur selaku Kepala Daerah menerima 3 Rancangan Peraturan Daerah masing-masing tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat Dayak di Kalteng, Pengelolaan Daerah Aliran Sunga dan Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Prov. Kalteng.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Audiensi dengan KASN

“Hari ini, kita semua patut berbangga hati bahwa dengan disetujuinya tiga Raperda ini menjadi Perda, maka ini menggambarkan bahwa kita terus berusaha mewujudkan pembangunan dengan roh desentralisasi di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila ini,” kata Edy.

“Terlebih lagi secara khusus Raperda tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat Dayak di Kalimantan Tengah yang menjadi raperda inisiatif DPRD Provinsi Kalimantan Tengah. Demikian juga dengan kedua Raperda yang lain, yang berasal dari usulan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, tentunya memiliki tujuan yang sama yaitu demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat Kalimantan Tengah ini juga,”ujarnya.

Baca Juga :  Hadiri Pelantikan Pengurus KONI Kalteng, Ini Pesan Gubernur

Edy menjelaskan, Peraturan Daerah merupakan salah satu bentuk kebijakan yang kita bersama ambil yang tentunya bertujuan tidak lain dan tidak bukan demi kemajuan masyarakat Kalteng ini di hari-hari kedepan.

Ia berharap dengan adanya 3 Perda ini, bisa membuat tata kelola Pemerintahan kita menjadi tambah baik, tertata, dan akuntabel.

Sementara itu, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno menyambut dengan disahkannya tiga raperda ini. Ia berharap dengan disahkannya produk hukum tersebut bisa memberikan kepastian hukum dalam menjawab sejumlah persoalan terutama yang berkaitan dengan perlindungan masyarakat adat. (ro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Capaian MCP Kalteng Naik 10,14 Persen

DPRD Provinsi Kalteng

Banmus DPRD Kalteng Susun Jadwal Kegiatan

Pemprov Kalteng

Ini Pencapaian Sektor Kehutanan Era Kepemimpinan Sohib

DPRD Provinsi Kalteng

Polemik Jalan Eks Pertamina, Dewan Minta Utamakan Kepentingan Masyarakat

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Serahkan Bansos ke Delapan Desa di Kotim

DPRD Provinsi Kalteng

Komisi III DPRD Kalteng Kunker ke RSUD Ciawi

DPRD Provinsi Kalteng

Masyarakat Diminta Ikuti Surat Edaran Kanwil Kemenag

DPRD Provinsi Kalteng

Layanan Listrik PLN Dikeluhkan Warga Kotim