Home / Pemkab Kobar

Senin, 29 April 2024 - 12:05 WIB

Dinas PUPR Kobar Sosialisasi RTRW dengan Aplikasi SIMBA

PANGKALAN BUN,KaltengEkspres.com -Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotawaringin Barat melakukan terobosan, dengan mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Manata Banua (SIMBA). Pihaknya dalam hal ini menggandeng Usaid Sustainable and Environmental Governance Across Regions (SEGAR). Aplikasi tersebut diserahkan terimakan di aula kantor Bupati pada Senin (29/4).

Kepala Dinas PUPR Kobar, M Hasyim Muallim menyampaikan, aplikasi tersebut berbasis Web GIS (Geografis Information System) yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan para pelaku usaha untuk melakukan kegiatan pembangunan maupun investasi agar selaras dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Kobar, maupun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

“Jadi, tiga tahun yang lalu telah dilakukan penandatanganan dokumen kerjasama yang dituangkan dalam bentuk nota rencana kerjasama, yang fokus pada kegiatan menyeimbangkan konservasi keanekaragaman hayati dan pemanfaatan lahan berkelanjutan, dengan pembangunan ekonomi dan mata pencaharian yang inklusif,” beber Hasyim.

Baca Juga :  BPK Serahkan LHP Bantuan Keuangan Parpol TA 2021

Salah satu poin kerjasama yang dilaksanakan, lanjut Hasyim, adalah pembangunan Sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU). SIMTARU tersebut yang selanjutnya diberi nama SIMBA, didalamnya memuat data atau informasi perencanaan dan pemanfaatan tata ruang di wilayah kabupaten Kotawaringin Barat.

Baca Juga :  Bupati Dilantik Jadi Ketua KONI Kobar 

Ia berharap, dengan adanya aplikasi ini maka para pemangku kepentingan maupun masyarakat akan mendapatkan informasi yang akurat tentang tata ruang sehingga pembangunan maupun iklim investasi bisa semakin meningkat untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. (di)

Share :

Baca Juga

Kobar

Pasien Covid-19 di Kobar Melonjak

Pemkab Kobar

RSUD Imanuddin Siap Jadi Percontohan

Pemkab Kobar

Dinas PUPR Kobar Normalisasi Sejumlah Anak Sungai

Pemkab Kobar

Pemkab Siap Promosikan Potensi Kobar di Apkasi Expo 2019

Pemkab Kobar

Sidak Sejumlah Swalayan, Tim Gabungan Temukan Mamin Kadaluwarsa

Pemkab Kobar

Pj Bupati Kobar Salurkan Bantuan Sembako Petani Terdampak Banjir

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Gelar Kick Off Vaksinasi Covid-19 Anak 6-11 Tahun

Pemkab Kobar

RSUD Imanudin Karantina 1 Pasien PDP Virus Corona