Home / Pemkab Katingan

Kamis, 18 Januari 2024 - 09:02 WIB

Pj. Bupati Katingan Buka Forum PSS, Ini Pesannya 

Pj. Bupati Katingan Siaful saat menyampaikan sambutannya ketika membuka Forum PSS, Kamis (18/1/2024). (Foto : Isnaeni)

Pj. Bupati Katingan Siaful saat menyampaikan sambutannya ketika membuka Forum PSS, Kamis (18/1/2024). (Foto : Isnaeni)

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Pertanian, Kehutanan dan Perikanan memberikan sektor paling besar kontribusi dalam struktur ekonomi di Kabupaten Katingan, Selain berkontribusi terhadap pertumbuhan ekaonomi, sektor perkebunan juga membuka lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja sekitar 7.528 orang.

Hal ini diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Siful saat membuka kegiatan Forum Petani Sawit Swadaya (PSS), Kamis (18/1/2024).

Saiful mengatakan, hingga tahun 2023 terdapat sebanyak 30 perusahaan yang memiliki izin usaha perkebunan dengan total luas 293.508 hektar.  Namun kebun inti telah ditanami baru seluas 47.962.59 hektar dan plasma seluas 13.570.15 hektar plasma inti perkebunan.

Baca Juga :  Warga Diingatkan Bijak Bermedia Sosial

Dibandingkan dengan luas tanam kelapa sawit di Kabupaten Katingan pada tahun 2019 yakni seluas 298.606.58 hektar. Maka bisa disimpulkan kebun kelapa sawit di dominasi oleh kebun swadaya milik masyarakat sekitar 237.073 hektar.

“Keberadaan perkebunan sawit ini kita harapkan dapat memberi andil besar terhadap pembangunan daerah terutama meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya para pekebun,”ujarnya.

Baca Juga :  Banjir, Kalaksa BPBD Ingatkan Masyarakat Untuk Berhati-hati Beraktifitas

Menjadi tantangan tambah dia, harus dijawab oleh Pemerintah, karena pemerintah telah mencananglan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan tahun 2011 melalui ispo (Indoensia sustainable palm oil/kelapa sawit berkelanjutnan indonesia), ditetapkan dengan peraturan menteri pertanian kelapa sawit indonesia berkelanjutan.

“Setiap tingkatan pemerintahan baik pisat, provinsi, kabupaten penghasil kelapa sawit diintruksikan untuk menyusun rencana aksi kelapa sawit berkelanjutan dalam program kegiatan agar segera ditetapkan melalui peraturan Bupati memiliki arah jelas pembangunan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan, ” tandasnya. (Isnaeni)

Share :

Baca Juga

Pemkab Katingan

Asisten II Setda Katingan Hadiri Sosialisasi HPK

Katingan

Bupati Imbau Masyarakat Katingan Tak Berpergian Keluar Kalteng

Katingan

Katingan Mulai Kekosongan Oksigen

Pemkab Katingan

Polisi Kawal Pendistribusian Logistik Pilkades 

Pemkab Katingan

Sakariyas : ASN Harus Profesional Dalam Tugas

Katingan

Bupati Bersama Unsur FKPD Katingan Bagikan 5.000 Masker

Pemkab Katingan

Pemkab Katingan Bahas Perbup Perjalanan Dinas

Pemkab Katingan

ASN Tak Boleh Mengeluh Selama Bekerja