Home / Pemprov Kalteng

Kamis, 7 Desember 2023 - 12:38 WIB

Pemprov Kalteng Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Kaum Perempuan

Asisten Bidang Administrasi Umum Sri Suwanto saat membuka resmi sosialisasi pendidikan politik bagi kaum perempuan, Kamis (7/12). (Foto : Istimewa)

Asisten Bidang Administrasi Umum Sri Suwanto saat membuka resmi sosialisasi pendidikan politik bagi kaum perempuan, Kamis (7/12). (Foto : Istimewa)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Asisten Bidang Administrasi Umum (Adum) Setda Kalteng membuka resmi Sosialisasi Pendidikan Politik untuk Perempuan Tahun 2023, di Aula Radio Republik Indonesia (RRI) Palangka Raya, Kamis (7/12/2023).

Asisten Adum Sri Suwanto  saat membacakan sambutan tertulis Sekda Kalteng mengatakan, dengan semangat Nilai-Nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berupaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat khususnya perempuan agar berperan aktif dalam Peningkatan Demokrasi. Keterwakilan perempuan sangat didorong terutama dalam berbagai aspek termasuk di Pemerintahan.

“Peran perempuan pada saat ini sudah kelihatan nyata menempati pada berbagai lembaga pemerintahan, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Perempuan, bahkan pada lembaga legislatifpun sudah mumpuni,”ujarnya.

Baca Juga :  Palangka Raya dan Kotim Jadi Pusat Program Pangan Nasional

Menurutnya, salah satu bentuk perwujudan demokrasi saat ini adalah Pemilu dan Pilkada serentak yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia, sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Pemilu Serentak di seluruh Indonesia pada tahun 2024 adalah untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Untuk itu, kami mengajak seluruh organisasi perempuan dan aktivis untuk ikut aktif memotivasi, mensosialisasikan serta meningkatkan partisipasi pada pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 dalam bentuk bersama-sama menjaga pelaksanaan pemilu yang jujur, adil dan damai,”ucapnya.

Melalui kegiatan Pendidikan Politik Perempuan ini lanjut dia, diharapkan masyarakat mempunyai kecerdasan berpolitik tidak hanya menjadi Obyek dalam Pesta Demokrasi, namun menjadi Subyek yang kritis dalam menentukan pilihan politik sekaligus menjadi pendorong pendewasaan politik untuk memperjuangkan aspirasi rakyat, bukan kepentingan perorangan atau kelompok.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng dan Jatim Jajaki Kerja sama Misi Dagang

“Saya mengharapkan Tokoh/Aktivis Perempuan, Organisasi Perempuan dan generasi muda untuk bersama-sama mensukseskan Pesta Demokrasi yang dilaksanakan secara serentak pada Tahun 2024. Sehingga dalam pelaksanaan Pemilu tersebut para tokoh perempuan, ikut andil dan aktif melaksanakan Sosialisasi tentang pelaksanaan Pemilu, termasuk melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 dapat berjalan dengan aman dan kondusif,”tandasnya. (asro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Wagub Kalteng Resmikan Festival IKSI SLB

Pemprov Kalteng

Sekda Kalteng Ajak ASN Lakukan Reformasi Birokrasi

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Matangkan Persiapan Tablig Akbar Habib Umar

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Terima Kunjungan Rombongan DPD RI

Pemprov Kalteng

Wagub Kalteng Tabur Perdana Benih Udang Benur di Shrim Estate

Metro Palangka Raya

RSUD Doris Siapkan Sapras untuk Pasien Hepatitis Akut

Lamandau

Gubernur Kalteng Salurkan Paket Sembako Kepada Korban Banjir Lamandau

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Dukung Kreativitas Musik Generasi Muda