Home / Pemprov Kalteng

Selasa, 19 Desember 2023 - 12:05 WIB

Pemprov Kalteng Raih Peringkat 6 Anugerah KIP 2023

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat memperlihatkan piagam penghargaan KIP 2023 yang diraih. (Foto : IST)

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat memperlihatkan piagam penghargaan KIP 2023 yang diraih. (Foto : IST)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng kembali raih penghargaan kategori Pemerintah Provinsi Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023, di Istana Wakil Presiden (Wapres) RI Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wapres Ma’ruf Amin kepada Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo.

Wapres  RI Ma`ruf Amin mengatakan, keterbukaan informasi publik adalah unsur esensial dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, sekaligus salah satu penentu keberhasilan program-program reformasi birokrasi.

“Saya memiliki keyakinan bahwa transparansi informasi adalah jalan untuk merawat demokrasi yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,”ujarnya.

Pada kesempatan itu ia mengapresiasi badan publik yang aktif dalam keterbukaan informasi publik.

“Pada tahun 2018, hanya 15 badan publik yang tergolong informatif, tetapi tahun 2023 ini jumlahnya melonjak menjadi 139. Sebaliknya, badan publik yang tidak informatif merosot, pada tahun 2018 ada 303 badan publik, dan di tahun 2023 hanya 147 badan publik,” jelasnya.

Baca Juga :  Seluruh Kabupaten/Kota Diminta Maksimal Tanggulangi Karhutla

Wapres berharap, dengan pemenuhan layanan informasi publik yang jelas dan memuaskan, akan menurunkan angka pengaduan dan sengketa informasi publik.

“Saya juga mengharapkan keterbukaan informasi publik terus mendorong badan publik yang belum informatif agar meningkatkan kinerja, asistensi kelembagaan juga perlu diperkuat, guna mendorong kebutuhan keterbukaan informasi publik di tingkat kabupaten/kota yang jumlahnya masih minim,”ucapnya.

Wagub mengatakan penganugerahan ini merupakan sebuah gambaran bahwa keterbukaan informasi publik bukan hanya slogan, tetapi juga dilakukan penilaian.

“Kita terus berupaya mendorong setiap badan publik di Kalteng untuk memberikan layanan informasi yang menjadi hak masyarakat untuk tahu,” kata Edy.

Baca Juga :  Jelang Lebaran, Kesiapan Jalan Jalur Lintas Diperiksa

Menurut Edy, peningkatan peringkat dari nomor 11 nasional tahun lalu menjadi peringkat 6 tahun ini merupakan satu lompatan besar dalam keterbukaan informasi di Kalteng.

“Ini terus kita tingkatkan dengan terus menerus mendorong setiap badan publik untuk melaksanakan implementasi keterbukaan informasi setiap badan publik,”ujarnya.

Ia menyebut, penghargaan ini merupakan akumulasi dari implementasi keterbukaan badan publik lingkup provinsi dan juga badan publik kabupaten dan kota.

“Bila capaian di tingkat provinsi rendah maka akan berpengaruh kepada capaian nasional. Mudah-mudahan dengan adanya penghargaan ini semakin memberikan motivasi bagi kita semua jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk bisa meningkatkan kinerjanya, terutama berkenaan dengan informasi publik yang kita berikan kepada masyarakat,” tandasnya.  (asro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Dorong Implementasi ETP

Pemprov Kalteng

Sugianto-Edy: Ini kemenangan Bersama

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Apresiasi Upaya PT. Bank Kalteng Gelar Penarikan Undian Gebyar Taheta XXIV Tahun 2020

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Luncurkan Pasar Penyeimbang

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng dan OJK RI Teken NPHD

Pemprov Kalteng

Wakil Gubernur Kalteng Anjangsana ke LKSA Darissalam

Pemprov Kalteng

Staf Ahli Gubernur Buka Rakor KMHDI