Home / Pemprov Kalteng

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:05 WIB

Ketua TP PKK Kalteng Buka Rakor Pokjanal, Ini Pesannya

Ketua TP-PKK Kalteng Yulistra Ivo saat foto bersama peserta rakor, Rabu (6/12). (Foto : istimewa)

Ketua TP-PKK Kalteng Yulistra Ivo saat foto bersama peserta rakor, Rabu (6/12). (Foto : istimewa)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua TP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pokjanal Posyandu Tingkat Provinsi Kalteng tahun 2023, di Hotel Best Western Palangka Raya, Selasa (6/12/2023).

Ivo mengatakan, Posyandu merupakan wadah pelayanan masyarakat garda terdepan bagi pelayanan sosial dasar di masyarakat yang memiliki pengaruh penting dan kedekatan yang erat dengan masyarakat jika dibandingkan dengan lembaga masyarakat lain di Desa dan Kelurahan.

“Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Masyarakat Desa dan Adat menyatakan, Posyandu adalah bagian dari Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), yang artinya Posyandu masih milik Pemerintah Desa untuk pelayanan kesehatan dasar bagi warganya,” ujarnya.

Baca Juga :  Kotim Kekurangan Armada Layani Arus Mudik

Menurut Ivo, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting disebutkan bahwa kelompok sasaran dari percepatan penurunan stunting ini adalah remaja, calon pengantin (PUS), ibu hamil, ibu menyusui, dan dan anak berusia 0-59 bulan.

“Sangat tepat sekali apabila semua unsur yang tergabung dalam pokjanal Posyandu untuk saling bersinergi agar keberadaan Posyandu semakin eksis dan dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat dalam upaya penanganan stunting,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Ivo mengingatkan agar pokjanal Posyandu bisa bergerak secara aktif, dan kegiatan ini bisa menjadi ajang evaluasi atas rencana kerja yang telah disusun selama tahun 2023.

Baca Juga :  Kalteng Sukses Tekan Stunting 3,4 Persen Tahun 2023

”Semoga pada tahun yang akan datang semua anggota pokjanal semakin aktif dalam menjalankan fungsinya dan seluruh Posyandu di Kalimantan Tengah menjadi Posyandu aktif,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kelembagaan Perkembangan Desa dan Pelayanan Sosial Dasar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov. Kalteng Achmad Suwandi dalam laporannya mengatakan, rakor ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen Pemerintah Provinsi dalam mendukung Program Posyandu di Kalteng; merumuskan rencana kerja dan tindak lanjut Pemerintah Provinsi untuk mendukung Program Posyandu di Kalteng, serta meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi para pemangku kepentingan di Pemerintah Provinsi Kalteng. (asro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Kukuhkan DRD, Ini Pesan Gubernur Kalteng

Pemprov Kalteng

Wakil Gubernur Kalteng Buka Resmi UCI MTB

Pemprov Kalteng

Disuport Royalti Batu Bara, APBD Kalteng Meningkat

Pemprov Kalteng

Kepala Daerah Diminta Percepat Pemulihan Ekonomi

Pemprov Kalteng

Dua Kabupaten Dapat Predikat Layak Anak

Pemprov Kalteng

Gubernur Buka Jambore Kader PKK Kalteng

Business

Inflasi Kalteng Berada di Katagori Aman

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Targetkan 2026 Seluruh Desa Teraliri Listrik