Home / Pemkab Kobar

Senin, 6 November 2023 - 13:21 WIB

Pj Bupati Kobar Imbau UMKM Manfaatkan BPR Marunting 

PJ Bupati Kobar Budi Santosa saat menyapa pelaku UMKM pada acara BPR Marunting Sejahtera baru baru ini. (Foto : din)

PJ Bupati Kobar Budi Santosa saat menyapa pelaku UMKM pada acara BPR Marunting Sejahtera baru baru ini. (Foto : din)

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pelaku UMKM di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diimbau agar memanfaatkan keberadaan Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Marunting Sejahtera, milik Pemkab Kobar.

Imbauan ini disampaikan langsung Penjabat (Pj) Bupati Kobar, Budi Santosa, bertujuan agar para pelaku UMKM Kobar tidak terjerat pinjaman dengan rentenir yang mematok bunga tinggi.

“BPR Marunting Sejahtera merupakan bank milik pemkab Kobar yang didirikan untuk membantu masyarakat atau pelaku UMKM dalam hal keuangan. Bahkan, BPR sudah meluncurkan Program Marunting Sejahtera Bebas Dari Rentenir (Mas Basir) dengan harapan para pelaku UMKM tidak meminjam lagi dengan para rentenir.”ungkap Budi Santosa, pada acara pelantikan Pengurus Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) di aula kantor Bappedalitbang Senin (6/11).

Melalui program Mas Basir, lanjut Budi, BPR memberikan kredit dengan bunga ringan, maka agar kiranya masyarakat memanfaatkan kredit bunga ringan dari Bank Marunting Sejahtera.

Baca Juga :  Bupati Kobar Resmikan Gedung Sport Center 

Menurut Budi, untuk saat ini kredit Mas Basir masih di kenakan bunga yang sangat ringan, akan tetapi di tahun anggaran 2024, pemerintah daerah Kobar akan mensubsidi bunga tersebut, sehingga UMKM yang meminjam hanya mengangsur pokoknya saja.

Baca Juga :  Antisipasi Banjir, Tim Terpadu Siagakan Perahu Karet 

” Kami telah menganggarkan untuk subsidi tersebut dan saat ini tengah di bahas oleh tim anggaran Pemkab Kobar dan DPRD Kobar, tahun 2024 UMKM yang pinjam modal di BPR Marunting Sejahtera akan bebas dari bunga,”ujarnya.

Sejak di luncurkannya program kredit mas Basir , tambah dia, banyak pelaku UMKM yang mengajukan pinjaman , hanya masih terkendala dengan pinjaman di bank lain.

Karena salah satu syaratnya harus keterangan dari bank lain perihal tidak ada pinjaman yang macet, ternyata pelaku UMKM yang mengajukan pinjaman terkendala kredit macet di bank lain. (Din)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kobar

Semangati Nakes, Bupati Kobar Kunjungi Puskesmas

Pemkab Kobar

Bupati Kobar Resmi Tutup MTQ ke-51

Kobar

RS Darurat Muhamadiyah Kobar Bakal Beroperasi Lebih Cepat

Pemkab Kobar

DPMD Kobar Programkan Cashless untuk Desa

Pemkab Kobar

Jelang Idul Adha, Pemkab Kobar Gelar Pasar Ternak

Pemkab Kobar

Suyanto Dicopot dari Jabatan Sekda Kobar

Pemkab Kobar

Bupati Kobar Resmikan Pasar Indrasari Kelurahan Baru

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Segera Asesmen 13 Jabatan Eselon